Kelurahan Sungai Durian Juara 1 Lomba Gerakan Pembinaan PKK 2021 -->

Iklan Atas

Kelurahan Sungai Durian Juara 1 Lomba Gerakan Pembinaan PKK 2021

Kamis, 30 September 2021
.

Payakumbuh --- Surat Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh telah keluar, dimana ada 5 pemenang Lomba Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Kota Payakumbuh 2021. Iven ini diikuti oleh 15 kelurahan yang merupakan 3 pemenang dari tiap kecamatan, sebelumnya TP-PKK di tiap kecamatan juga sudah melaksanakan lomba untuk seluruh PKK kelurahan mereka.


Juara 1 diraih oleh Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori, Juara 2 diraih oleh Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, dan Juara 3 diraih oleh Kelurahan Parak Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat. 


Sementara itu, Harapan 1 diraih oleh Kelurahan Padang Sikabu Kecamatan Lamposi Tigo Nagori dan Harapan 2 diraih oleh Kelurahan Padang Alai Bodi Kecamatan Payakumbuh Timur.


Menurut keterangan Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi melalui Kabid Pemberdayaan Perempuan Erma Yunita saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/9), adapun indikator penilaian adalah ekspose kegiatan dengan materi kelembagaan dan tertib administrasi, 10 program pokok PKK dan program prioritas masing-masing pokja, serta wawancara yang telah dilaksanakan pada 7 September lalu.


Diterangkan Erma Yunita, Pokja 1 adalah paredi atau pembinaan anak dan remaja era digital, kemudian Pokja 2 UP2K atau usaha peningkatan pendapatan keluarga, lalu ada Pokja 3 Aku Hatinya PKK atau amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah, dan nyaman, terkahir Pokja 4 Gagah Bencana atau tanggap dan tangguh terhadap bencana, termasuk penanganan Covid-19.


Dijelaskan oleh perempuan yang akrab disapa Buk Nit itu, setelah melalui proses penilaian untuk 15 nominator, maka keluar hasil untuk 5 besar, lalu dilakukan peninjauan ke lapangan pada 20 dan 21 September 2021 oleh Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh yang diketuai Henny Riza Falepi didampingi Machdalena Erwin Yunaz dan Elfriza Zaharman.


"Juara 1 akan dipersipkan untuk lomba ke tingkat provinsi pada tahun depan," kata Buk Nit yang juga Sekretaris TP-PKK Kota Payakumbuh.


Di tempat terpisah, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Henny Riza Falepi menyampaikan ibu-ibu PKK harus lebih aktif lagi, karena ada banyak peran serta PKK untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 saat ini. Terrmasuk juga kegiatan UP2K yang perlu lebih digencarkan lagi sehingga dapat membantu permasalahan ekonomi warga. 


"PKK sebagai garda terdepan dalam pemberdayaan keluarga harus terus menunjukkan kiprahnya, selamat kepada pemenang, semoga menjadi motivasi bagi ibu-ibu PKK lainnya," kata Henny. (ul)