Kepala BPTP Sumbar Rustam Komit Bantu Wujudkan Visi 3 Kepala Daerah -->

Kepala BPTP Sumbar Rustam Komit Bantu Wujudkan Visi 3 Kepala Daerah

Rabu, 29 September 2021

Pisah sambut kepala BPTP Sumbar


Kab.Solok - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat Dr.Rustam,SP,M.Si mengatakan bahwa dirinya merasa tertantang untuk  bekerjasama dalam mewujudkan 3 visi kepala daerah di Sumatera Barat (Kab.Solok, Kab.Tanah Datar dan Provinsi Sumbar) yang saat ini fokus pada sektor pertanian.


Komitmen tersebut disampaikan Rustam Kepala BPTP Sumbar yang baru dilantik itu dalam sambutannya di acara pisah sambut kepala BPTP Sumbar, Kamis (23/9/2021) di BPTP Sumbar, Sukarami Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.


Rustam yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPTP Jambi, hari itu resmi menggantikan jabatan Kepala BPTP Sumbar yang lama Dr.Ir.Wahyu Wibawa,MP yang  pindah tugas ke BPTP Jawa Tengah.


Acara pisah sambut kepala BPTP Sumbar tersebut turut dihadiri Bupati Solok H.Epyardi Asda,M.Mar, Kepala Badan Litbang Pertanian diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan taman pangan Dr.Ir.Priyatna Sasmita,M.Si dan kepala Balitbu yang lama Ellina M dan yang baru, juga kapolres Solok diwakili serta Dinas Pertanian diwakili Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Solok Miharta Maria.


"Alhamduillah Kabupaten Solok mempunyai keunggulan pada bidang pertanian yaitu bareh solok dan bawang merah," ungkap Dr.Rustam.


"Potensi tersebut menjadi tantangan besar bagi BPTP Sumbar, untuk membantu mewujudkan visi dari bupati Solok yaitu mambangkik batang tarandam," kata Rustam.


Kendati demikian Kepala BPTP Sumbar yang baru dilantik itu berjanji, dengan berakhirnya jabatan kepala BPTP Sumbar yang lama, tentu visi misi dan program dari Bapak Wahyu akan tetap dilanjutkannya.


Kapala BPTP Sumbar Dr.Rustam menyampaikan bahwa BPTP Sumbar akan bahu membahu dalam membangun Kabupaten Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya di sektor pertanian.


Tentu saja hal itu kemudian mendapat sambutan baik dari Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar.


Mengawali kata sambutannya bupati Solok mengucapkan selamat datang kepada Kepala BPTP Sumbar Dr.Rustam,SP,M.Si.


Bupati berharap BPTP Sumbar dapat berbakti pada masyarakat Sumbar  umumnya dan Kabupaten Solok khususnya.


Bahkan bupati merasa bangga dengan BPTP Sumbar, dikarenakan sektor pertanian adalah goal-nya Pemkab Solok.


Oleh karena itu bupati sangat senang bisa bekerja sama dengan BPTP Sumbar.


Bukan tanpa alasan sebab eksistensi dari BPTP itu sendiri sesuai dengan visi misi bupati yang pada dasarnya adalah membangkik batang tarandam salah satunya melalui sektor pertanian di Kabupaten Solok melalui bareh Solok, bawang merah dan buah.


Disadari bupati bahwa saat ini Kabupaten Solok nomor 3 terbelakang. Oleh karena itu maka tak heran apabila hal itu merupakan tantangan yang cukup berat dan luar biasa bagi pemerintah dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Solok menjadi kabupaten terbaik di Sumatera Barat.


"Kami berharap melalui Bapak Rustam, Kabupaten Solok dapat dibantu dan diperhatikan, karena kabupaten solok membutuhkan uluran tangan dari pusat," kata bupati.


"Pemda mohon bantuan bibit unggul untuk kami kembangkan di Kabupaten Solok," pinta bupati.


"Saya siap bertanggung jawab dan pemda siap mengelola dan menjadikan bibit untuk di budidaya," sebut bupati.


Bupati menyebut bahwa saat ini daerahnya sudah bekerjasama dengan Pemkot Pekanbaru untuk menjual sayuran dan beras Solok ke Pekanbaru.


Lebih jauh dikatakan bahwa Pemkab Solok dengan keunggulan beras varietas cisokan dan anak daro saat ini sudah bekerjasama dengan Food Station di Jakarta, yang kata bupati perusahaan tersebut siap menampung beras Solok dengan kualitas asli.


"Solok siap menjadi lumbung pangan, Insyallah Kabupaten Solok akan bangkit dalam sektor pertanian nantinya," ujar bupati.


Untuk mendukung hal itu, kepada BPTP Sumbar bupati berharap agar dapat mentransfer ilmunya kepada masyarakat dalam mengolah lahan pertanian. (nr)