Kepala SMK di Kota Padang Silahturahmi ke UNES -->

IKLAN ATAS

Kepala SMK di Kota Padang Silahturahmi ke UNES

Sabtu, 04 September 2021

Sejumlah Guru SMK di Padang berkunjung ke UNES Padang

Padang, FajarSumbar - Enam  orang Kepala Kepala Sekolah Kejuruan (SMK) Kota Padang yang terdiri dari Alumni Fakultas Teknik (FT) Universitas Ekasakti (UNES) Padang, bersilaturahmi ke Kampus UNES, 


Kepala SMK ini, diterima oleh Rektor UNES  DR. Otong Rosadi, S.H, M.Hum, didampingi Dekan FT Drs. Risal Abu, ST, M.Eng dan Dekan Fakultas Pertanian DR. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si di ruang kerja Rektor, Jum’at (03/09/2021).


Dalam pertemuan itu, Rektor menyampaikan, FT Universitas Ekasakti memiliki 5 Program Studi (prodi) disebutnya SMAEI (Sipil, Mesin, Arsitek,  Elektro dan Industri), tahun ini khusus prodi Industri diberikan beasiswa oleh Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP) untuk Uang Kuliah, hanya cukup membayar uang Biaya Tetap, begitu juga untuk program Teknologi Hasil Pertanian pada Fakultas Pertanian dan prodiSastra Inggris pada Fakultas Sastra dan prodi Bahasa Inggris, prodi Bahasa Indonesia, Prodi Ekonomi dan prodi Matematika pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 


Dikatakan mahasiswa UNES, tercatat  12.000 mahasiswa, setelah dievaluasi aktif sekarang 8.040 orang, ini dilaporan setiap Semester ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.  Peningkatan Nilai Akreditasi dinilai dari Kinerja Utama dalam hal ini kerjasama dengan semua pihak. 


Pada kesempatan tersebut Wanwan Sumarno, S.P, M.Si  pengelola penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 khusus Beasiswa mengungkapkan bahwa yang mendaftar untuk beasiswa Bidikmisi KIP (Kartu Indonesia Pinter) 405 orang. Beasiswa yang tersedia 105 orang sadangkan sisanya diberikan beasiswa dari Yayasan Perguruan Tinggi sebesar 25% sampai 100% dan beasiswa untuk anak nagari sebanyak 7 Nagari berjumlah 370 orang masing-masing nagari diprioritaskan 10 orang calon mahasiswa. Disamping itu Unes-AAi juga menyiapKan beasiswa untuk Abdi Negara sebesar 25%  sampai  50%,  Tahun lalu Unes memperoleh beasiswa dari Pemerintah untuk 749 orang mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, Rp. 2.400.000,-/mahasiswa/semester dan dari BRII 10 0rang mahasiswa masing-masing memeproleh Rp. 5.000.000,-   


Alumni FT UNES itu, sekarang menjabat sebagai Kepala  SMK di Kota Padang  mengharapkan kepada UNES dan Akademi Akuntansi Indonsia (AAI)     

mengarahkan pengabdian masyarakat ke Sekolah dalam hal ini adalah Guru dan Siswa.


Kemudian menjadi Dosen tamu mengajar di Kelas XII, memfasilitasi KIP, dan ini penting bagi sekolah untuk menaikan pridikat Akreditasi, memperkenalkan prodi yang ada di UNES serta fasiltas yang ada. 


Para Kepala SMK itu juga sebagai Alumni mengharapkan ada kerjasama antara UNES dengan pihak SMK dan mengundang siswa dari berbagai rumpun untuk melaksanakan praktek lapangan.  Hal ini mendapat respon dari Rektor Unes untuk melakukan kerjasama dengan Sekolah dan mengundang Siswa, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan penandatangan Naskah Kerjasama.(Rel/Unes).RDz.