Menhub RI Budi Karya Sumadi Memastikan Persiapan PON XX dan Peparnas XVI -->

Iklan Atas

Menhub RI Budi Karya Sumadi Memastikan Persiapan PON XX dan Peparnas XVI

Minggu, 26 September 2021

 

.

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi memastikan ketersediaan sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke. Khususnya yang disiapkan untuk melancarkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua.


"Kami banyak membangun infrastruktur transportasi di Papua untuk mendukung kegiatan PON dan Perpanas. Kami pastikan ini semua telah berjalan dengan baik," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (26/9/21).


Budi menjelaskan, Kemenhub bersama dengan stakeholder terkait di sektor transportasi telah menyiapkan sejumlah infrastruktur. Kesiapan tersebut khususnya sarana dan prasarana transportasi moda transportasi darat, laut, dan udara.


Untuk sektor darat, Budi mengatakan, Kemenhub telah mengirimkan sebanyak 428 unit bus ke tiga titik penyelenggaraan PON, yaitu di Jayapura, Timika, dan Merauke. Selain itu juga menyiapkan 515 awak bus dengan 261 orang di antaranya merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli dan bisa membuka lapangan pekerjaan.


"Selama PON berlangsung, bus tersebut beroperasi dari pukul 06.00 WIT hingga 22.00 WIT yang diperuntukkan bagi mobilitas atlet dan official. Selain itu juga untuk menjemput kontingen dari Bandara Sentani," jelas Budi.


Untuk mendukung penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua yang diselenggarakan sesudah PON, juga disediakan 160 unit bus bantuan. Bus tersebut akan dimodifikasi dengan membuat ramp on off dengan kemiringan yang sesuai untuk digunakan para atlet Peparnas yang menggunakan kursi roda.


Selain itu, Kemenhub juga telah membangun sejumlah infrastruktur dermaga dan unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani. Begitu juga dengan pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, pembangunan Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura, dan pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura.


Sementara di sektor laut, sebanyak lima kapal Pelni telah disiapkan untuk mengangkut kebutuhan penyelenggaraan PON. Kelima kapal tersebut yaitu KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Ciremai, KM Dobonsolo, dan KM Sinabung.


Lalu dari sektor udara, Kemenhub juga telah menyiapkan empat bandara. Keempatnya yaitu Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke.


“Saya pesan kepada Pak Bupati agar fasilitas tersebut bisa dijaga dengan baik. Fasilitas transportasi yang sudah ada ini nantinya bisa bermanfaat untuk mendukung sektor pariwisata di Papua dan sekitarnya,” jelas Budi. Sebagaimana dikutip pada republika.co.id.


Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Kemenhub dalam penyediaan sarana dan prasarana transportasi. Mathius mengapresiasi Kemenhub yang merespons cepat dan membantu pemerintah daerah dalam mendukung suksesnya pelaksanaan PON XX Papua. (*)