Pesawat Jatuh di Papua, Tiga Kru Tewas -->

Iklan Atas

Pesawat Jatuh di Papua, Tiga Kru Tewas

Kamis, 16 September 2021
Pesawat Rimbun Air. (cnnindonesia.com)


Jakarta - Pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di Gunung Wabu, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua ditemukan hancur. Sementara ketiga kru pesawat ditemukan tewas. 


Ketiga kru pesawat tersebut, pilot Mirza, kopilot Fajar dan teknisi atau mekanik Iswahyudi. Pesawat yang terbang dari Nabire tersebut kini sedang dalam upaya evakuasi.


"Pada hari Rabu tanggal 15 September 2021 Pukul 07.37 WIT telah terjadi insiden Hilang Kontak Pesawat Rimbun Air PK-OTW di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, dari Kabupaten Nabire," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021) sebagaimana dilansir detikcom.


Diketahui pesawat tujuan Sugapa itu hilang kontak tadi pagi waktu setempat. Kini pesawat sudah ditemukan dalam kondisi terbakar dan hancur di ketinggian 400 meter di Gunung Wabu.


Lokasi jatuhnya pesawat adalah di perbukitan Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Tiga kru pesawat dengan nomor penerbangan PK-OTW yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan Nabire-Sugapa, Papua, ditemukan meninggal.


Tiga kru yang meninggal dalam insiden tersebut yakni pilot Mirza, kopilot Fajar dan teknisi atau mekanik Iswahyudi. Kamal menyebutkan, jenazah Iswahyudi dapat langsung diangkat karena posisi jasadnya berada di ekor pesawat.


Sementara kedua kru lainnya yaitu pilot Mirza dan kopilot Fajar hingga malam ini masih terus diupayakan untuk diangkat. Jenazah kedua korban tertimbun dengan bangkai depan pesawat di dalam tanah.


Proses evakuasi pesawat kargo yang membawa bahan bangunan dan sembako tersebut terkendala faktor cuaca. Proses evakuasi terkendala cuaca karena dari sore masih hujan.


Jenazah ketiga kru pesawat Rimbun Air dijadwalkan akan dievakuasi ke Sugapa, ibukota Kabupaten Intan Jaya pada esok hari, Kamis, 16 September 2021.


Sebelumnya diberitakan komunikasi terakhir Airnav Sugapa dengan kru Rimbun Air dilakukan sekitar pukul 07.37 WIT. Sejak saat itu belum ada kontak lagi dari pesawat tersebut. 


Lalu sekitar pukul 11.00 WIT, masyarakat melaporkan telah menemukan pesawat Rimbun Air PK-OTW di Kampung Bilogai Distrik Sugapa di ketinggian 2.400 meter. 


Dari laporan itulah, kemudian pada pukul 12.30 WIT, tim gabungan TNI-Polri dan pemuda gereja langsung menuju ke lokasi. Mereka berupaya melakukan evakuasi korban dan menemukan ketiga kru pesawat Rimbun Air sudah wafat. (*)