PKM Politeknik ATI Padang, bekali warga Matua Mudiak dengan bahan Baku Labu -->

PKM Politeknik ATI Padang, bekali warga Matua Mudiak dengan bahan Baku Labu

Sabtu, 18 September 2021

Tim PKM  Politeknik ATI Padang bersama peserta pelatihan di Matua Mudiak
Padang, FajarSumbar.Com - Sedikitnya 10 orang warga Nagari Matua Mudiak Kecamatan Matua Kabupaten Agam Sumatera Barat, mendapat pelatihan, "Teknologi Tepat Guna, Pemanfatan Labu Sebagai Adonan Mie ", dari Politeknik ATI Padang di Aula Kantor Wali Nagari Matua Mudiak, Sabtu; (18/09/2021).

Pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik ATI Padang Tahun 2021 ini, melibatkan unsur dosen, yakni sebagai Ketua Ratna Ningsih. SE. MM, kemudian Ir. Rita Youfa. MT, Dr. Desniorita. MP, Elda Pelita. MS.i, Ir. Armen. MS.i, Dr. Sri Elfina Jeri. MT dan Drs. Haswan.MP, sedangkan dari kalangan mahasiswa, yakni Sarah Rada Anestia, Thania Sagita Florensis, Rici Ardianti dan Masyrifah.

Ditektur Politeknik ATI Padang, diwakili Ketua Teaching Factory Ir. Armen, MM dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan PKM ini merupakan salah satu implementasi dari Tridarma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan serta Pengabdian kepada masyarakat.

Dengan adanya kegiatan pelatihan PKM ini, Armen memengharapkan, kepada warga Matua Mudiak, agar bisa membuat, mengebangkan dan menularkan kepada sesama warga, terkait proses pembuatan bahan baku labu untuk prodak makanan mie tanpa bahan kimia. Apalagi  Nagari Matua Mudik merupakan salah satu kawasan wisata yang strategis untuk memasarkan prodak mie dari bahan baku labu ini, imbuhnya Armen.

Dipilihnya Nagari Matur Mudik Kecamatan Matur, Agam, sebagai sasaran kegiatan PKM, sehubungan warga Nagari tersebut, selain berusaha disektor wisata dan pertanian, juga sebagai penghasil tanaman buah Labu yang menjanjikan untuk dikelola sebagai bahan baku mie, imbuhnya.

Pada pelatihan tersebut, instruktur Tim PKM Politeknik ATI Padang, selain memberikan teori dan praktek pembutan mie dari bahan baku labu, juga memperkenalkan dan menyerahkan cetakan Mie sederhana  kepada peserta pelatihan.

Tim PKM Dosen dan mahasiswa Politeknik ATI Padang Tahun 2021 ini, terdiri dari Ketua Ratna Ningsih. SE. MM, kemudian Ir. Rita Youfa. MT, Dr. Desniorita. MP, Elda Pelita. MS.i, Ir. Armen. MS.i, Dr. Sri Elfina Jeri. MT dan Drs. Haswan.MP, sedangkan dari kalangan mahasiswa, yakni Sarah Rada Anestia, Thania Sagita Florensis, Rici Ardianti dan Masyrifah.

Sementara itu, Sekretaris Wali Nagari Matua Mudiak Kecamatan Matur Hengki Saruka mengapresiasi dan megucapkan terikasih kepada Tim PKM ATI Padang yang telah memilih Nagari Matua Mudiak sebagai tempat kegiatan PKM.

Selain itu, diungkapkan, Tim PKK Matua Mudiak, telah berhasil juga membuat berbagai produksi makanan dari bahan baku labu, yakni menjadi keripik labu dan ice cream labu, sedangkan ice cream lainya dari bahan baku ubi ungu.

Namun kendala yang dihadapi, oleh Tim PKK, yakni menyangkut pemasaran prodak, baik pemasaran di Kecamatan, Kabupaten dan Kota bahkan bahkan sampai di Propinsi Sumatera Barat, ungkap Hengki.

Di Nagari Matua Mudiak masih banyak potensi sumber daya pertanian yang bisa  diberdayakan oleh warga, tetapi belum bisa digali dan dikembangkan secara baik guna menunjang taraf ekonomi warga.

Atas nama Pemerintahan Nagari Matua Mudiak, ia berharap, kepada Tim PKM ATI Padang, adanya dukungan dan pemikiran  untuk mengolah potensi Nagari ini, sehingga bisa memberdayakan ekonomi warga Nagari setempat.

Pelatihan PKM Politeknik Padang yang berlansung lancar dan dan mendapat respon yang menarik dari warga itu. juga dihadiri oleh Ketua PKK Ngari Mstua Mudiak Eli Zarni.(RDz)