Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Kampus UNP Air Tawar Padang -->

IKLAN ATAS

Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Kampus UNP Air Tawar Padang

Sabtu, 04 September 2021


Padang, FajarSumbar.Com  -  Pimpinan Universitas Negeri Padang (UNP) menyampaikan apresiasi atas kesediaan bapak Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. anggota MPR/DPR RI dan berterima kasih karena telah memilih pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan secara daring.


Demikian disampaikan oleh Prof. Ganefri, Ph.D. Rektor UNP dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dusampaikan oleh Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H anggota MPR/DPR RI Periode 2019--2024 di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang secara luring dan disiarkan melalui kanal youtube, Sabtu, (04/09/20221).


Dijelaskan kita harus bersyukur, bahwa kita telah memiliki Pancasila dan harus bisa pula hidup berdampingan dalam etnis dan budaya yang berbeda dalam satu kesatuan bangsa.


Selain itu, kita harus bersyukur kepada pendiri bangsa yang telah memikirkan dan menghasilkan ideologi dan dasar negara. "Para pendiri bangsa dan tokoh nasional pada masa lalu itu juga banyak berasal dari Sumatera Barat," tambah Prof. Ganefri, Ph.D.


Kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di UNP ini, diikuti oleh pimpinan dan sebanyak 200 mahasiswa yang diselenggarakan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di Auditorium Kampus UNP Air Tawar Padang dan secara daring disiarkan melalui kanal youtube Universitas Negeri Padang.


Sementara itu, Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. anggota MPR/DPR RI menjelaskan Empat Pilar Kebangsaan yakni (1) Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, (2) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR RI, (3) Negeri Kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, (4) Bhinneka Tunggal Ika sebagai sebagai semboyan negara. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama MPR Republik Indonesia dengan Universitas Negeri Padang.


"Sosialisasi Empat Pilar bukan kewajiban MPR saja, tetapi juga kewajiban setiap warga negara atau setiap orang dan pada saat ini atas nama anggota MPR RI dapat kita dilaksanakan di Universitas Negeri Padang," jelas Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H.


Dijelaskan, istilah Empat Pilar sering menjadi perdebatan terutama bagi orang hukum seperti perdebatan seolah-olah Pancasila sejajar dengan yang lainnya.

Perlu penjelasan maksud dalam sosialisasi Empat Pilar adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa ini.


"Dalam sejarah pendirian negara, ungkap Arteria Dahlan, tokoh-tokoh nasional yang berasal dari Sumatera ikut memiliki andil dalam penentuan ideologi bangsa ibu," 


Menurut Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. anggota MPR/DPR RI dari daerah pemilihan Tulungagung, Jawa Timur keberagaman yang ada dalam bangsa harus bersatu untuk kepentingan bangsa yang lebih besar.


Saat ini, keyakinan kita akan Pancasila seakan-akan sudah mulai luntur, padahal pada masa lalu Pancasila adalah pelajaran dan mata kuliah wajib di sekolah dan do perguruan tinggi.


"Para mahasiswa di Universitas Negeri Padang perlu disadari bahwa pada tanggal 18 Agustus 1945, tiga tokoh dari Sumatera Barat berada di dalam BPUPKI yang ikut berperan dalam penetapan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara," tambah Arteria Dahlan. ( * ).RDz.