Wakil Bupati Pasaman Mengapresiasi UNES-AAI, Berikan Beasiswa Kepada Anak Nagari Pasaman 50 -->

IKLAN ATAS

Wakil Bupati Pasaman Mengapresiasi UNES-AAI, Berikan Beasiswa Kepada Anak Nagari Pasaman 50

Sabtu, 04 September 2021

Ketika webinar pelibatan pemangku pandangan pengembangan kawasan wisata Pasaman

Padang, FajarSumbar.Com - Webinar pelibatan pemangku kepentingan dan curah pandangan pengembangan kawasan  wisata Kabupaten Pasaman dibuka secara resmi oleh  Wakil Bupati Pasaman  

Sabar AS, S.Ag, M.Si di Lantai 1 Gedung Rektorat Universitas Ekasakti Akademi Akutansi I donesia (UNES/AAI Padang, secara virtual Sabtu (28/08/2021 ).


Kegiatan Webinar ini menghadirkan 18 orang Nara Sumber, 6 diantaranya berasal dari UNES , yaitu Henry Mappesona, M.Sc. Prof. DR. Sufyarma Marsidin, M.Pd.  DR. Otong Rosadi, S.H, M.Hum. DR. Agussalim M, S.E, MS. DR. Salfadri, S.E, M.Si. dan DR. Ir Tety Chandrayanti, MBA.  Moderator Leffy Hermalena, S.Pi.


Wakil Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan Kabupaten Pasaman salah satu Kabupaten dari 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat dilalui Garis Khatulistiwa dengan luas wilayah 3.497, 63 Km2  memiliki 12 Kecamatan, 37 Nagari dan 225 Jorong yang berbatas dengan Kab. Mandailing, Kab. Padang Lawas, Kab. Rokan Hulu Provinsi Riau, Kab. Agam, dan Kab. Pasaman Barat.


Kab. Pasaman memiliki banyak potensi wisata baik wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan sejarah, wisata kuliner, maupun wisata olahraga yang dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan domestic dan luar negeri. Kecamatan Bonjol Kab. Pasaman merupakan kawasan yang sangat istimewa karena dibentengi oleh Garis Khatulistiwa.

DI Wilayah Indonesia selain di Papua, Maluku Utara, Pontianak, Sulawesi Tengah, dan Bonjol salah satu yang dibentengi khatulistiwa dengan brand icon Pahlawan Nasional Tuanku Imam Bonjol dan DR. Ahmad Mukhtar. Pembukaan akses infrastruktur jalan yang menghubungkan Kab. Pasaman dengan Kab. Tetangga, ujar Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.


Menurutnya, Regulasi arah kebijakan Pariwisata Kab. Pasaman  Pasaman sesuai dengan Visi  RPJPD Kab. Pasaman 2005 – 2025 “Terwujudnya Masyarakat Kab. Pasaman yang sejahtera lahir dan bathin tahun 2025”,  RPJMN 2019 – 2024 Pariwisata dan Industri merupakann dimensi pembangunan sektor unggulan nasional dan juga pembangunan manusia yang berkarakter. Dan RPJMD KAB. Pasaman  tahun 2021-2026  mewujudkan penin gkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis keunggulan local.

Program unggulan menjadikan Kab. Pasaman sebagai daerah tujuan wisata.


Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman memiliki potensi wisata yaitu wisata sejarah, Sport Tourisme. Atraksi Paralayang, Wisata Alam (Air terjun serasah tigo tingkat sungai hitam, Permandian air anggat, Ikan banyak lubuak bonta. Wisata Kuliner ( Serundeng Pisang dan proses pembuatgan pisang salai)


Wakil Bupati Pasaman itu, memberikan apresiasi kepada UNES/AAI atas kepeduliannya terhadap pendidikan  dan telah menjadikan beberapa Nagari di Kab Pasaman menjadi Nagari binaan Unes-AAI dan juga telah memberikan beasiswa untuk anak nagari sebesar 50% , diharapkannya nagari nagari lain di Kab. Pasaman.(Rel/Unes).RDz.