Waspadai Penyakit Saat Musim Penghujan -->

IKLAN ATAS

Waspadai Penyakit Saat Musim Penghujan

Kamis, 02 September 2021
Seorang petugas melakukan fogging mengantisipasi penyakit DBD.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Masyarakat harus mewaspadai penyakit di muaim penghujan, seperti sekarang ini.


Imbauan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kasi Kesehatan Lingkungan, Keselamatan Kerja dan Olahraga, Novriza Yulida, SKM, MPH  agar warga mewaspadai penyakit yang biasa muncul pada musim penghujan. 


Ada dua jenis penyakit yang sering muncul di musim ini, demam berdarah dengue (DBD) serta diare.


"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami mengajak warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Mulai dari pekarangan, selokan dan tempat pembuangan air," katanya, Kamis (2/9).


Novriza mengajak warga agar membuang sampah pada tempatnya. 


“Yang terpenting memisahkan sampah kering dan sampah basah. Ini sangat diperlukan karena kelembaban udara yang tinggi, membuat sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya menjadi sarang kuman. Sehingga rentan meningkatnya penyakit seperti flu, batuk, diare, penyakit kulit,” paparnya.


Katanya, jangan lupa menertibkan tempat-tempat yang berpotensi terjadinya banjir atau yang berpotensi menjadi genangan air, yang merupakan tempat bersarangnya nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD.


“Bila ada masyarakat yang sakit, misalnya diare, segerakanlah periksa ke pelayanan kesehatan terdekat," sebutnya.


Novriza juga memberikan informasi untuk pelayanan fogging, jika ada kasus DBD, masyarakat bisa menyampaikan kepada bidan kelurahan. 


“Selanjutnya bidan kelurahan akan berkoordinasi dengan surveilance dan sanitarian akan turun ke lapangan. Nanti puskesmas akan melaporkan ke Dinkes untuk dilakukan pengasapan (fogging) tersebut. 


Cepat laporkan apabila nanti ada kasus DBD di tempat kita," tuturnya. (syam)