Terapkan Prokes, Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Pasaman Meriah -->

Terapkan Prokes, Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Pasaman Meriah

Senin, 04 Oktober 2021

Suasana pelantikan para juri MTQ menerapkan prokes. Semua juri disiplin memakai masker.


Pasaman, fajarsumbar.com - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke 49 Tingkat Kabupaten Pasaman, berlangsung semarak di PIC (Pasaman Islamic Centre) Lubuksikaping, Senin (4/10).


Pada pembukaan MTQ tersebut panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat untuk menghindari penyebaran Covid-19 di arena alek keagamaan tersebut.


Pembukaan MTQ itu diawali lantunan merdu ayat suci Alquran yang dibawakan Qori terbaik MTQ International di Malaysia, Desrizal, MSi, acara turut dimeriahkan aneka kesenian Islam para Santri Ponpes se-Pasaman.


Pembukaan MTQ ke-49 ditandai pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Pasaman, disaksikan Bupati Benny Utama, Forkopimda, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Kakankemenag, Ketua MUI dan  tokoh agama setempat.


Dalam sambutannya, Bupati Benny Utama berharap, lantunan ayat suci Alquran dapat menyejukan hati dan qalbu, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.


"Kita berharap, moment MTQ ini Ikut mendorong semaraknya bacaan ayat suci Alqur'an oleh anak nagari  di seluruh masjid dan mushala di Kabupaten Pasaman setiap harinya," harap Bupati Benny Utama.


Disebutkan, MTQ ke-49 ini, sekaligus ajang pemantapan bagi kafilah Pasaman yang akan mengikuti lomba MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Padang Panjang, November nanti.


Ketua LPTQ Pasaman, Drs. Maraondak MM melaporkan, MTQ berlangsung mulai tanggal 3 hingga 6 Oktober 2021, melombakan 12 cabang, yang pelaksananya tersebar di Lubuksikaping.


Disampaikan, Cabang Qiraat Sab'ah dan Tilawah Dewasa berlansung di Islamic Centre, sedangkan Cabang Tahfidz 1 Juz Non Tilawah dan 5 Juz Tilawah di Masjid Jihad Ambacang Anggang. Cabang Tafidz 1 Juz Tilawah dan 5 Juz Non Tilawah di masjid Al Ikhlas Panapa.


Untuk Cabang Tartil Menengah dan Umum di Masjib Taqwa Tanjung Beringin, sedangkan Tartil Dasar Tilawah Anak-anak di Masjid Al Ikhlas Jorong III Tanjung Beringin.


Kemudian Cabang Tilawah Anak-anak dan Tilawah Remaja di Masjid Ath Tharah Kodim 0305 Pasaman. Cabang Khotbah Jumat dan Cabang Kitab Standar di Masjid Nurul Hikmah dan Aula kantor Kemenag Pasaman.


Selanjutnya cabang Musabaqah Fahmil Quran di aula MAN 1 Pasaman, Cabang Khattil (kaligrafi) Qur'an di Aula SMA Negeri 2 Lubuksikaping.


Sementara cabang Musbaqah Syahril Quran di MTsN 1 Pasaman, dan Cabang Musabaqah Makalah Ilmu Qur'an dilansungkan di Aula SD 05 Lubuksikaping.


Dilaporkan juga, jumlah peserta yang ikut MTQ ke-49 berjumlah 1275 orang, terdiri dari Kafilah 615 orang, Oficial 360 orang, Panitia dan Tim Kerja 175 orang, dan dewan hakim 125 orang.


"MTQ ke 49 mengusung tema 'Kita implementasikan nilai-nilai kandungan Alquran dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat dan bernegara, demi terwujudnya Pasaman yang lebih baik dan bermartabat," ujar Ketua LPTQ yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman.


Turut mengaperasi Kakan Kemenag Pasaman Gusman Piliang. Disampaikan Gusman bahwa, komitmen Pemkab Pasaman di bawah kepemimpinan Bupati Benny Utama dan wakil bupati Sabar AS, terhadap pembinaan keagamaan dan umat beragama di Pasaman, begitu tinggi.


"Kantor Kementerian Agama yang mengurus bidang keagamaan, merasa sangat di suport dan terbantu oleh program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Pasaman," ujar Gusman Piliang, sembari merinci bentuk kepedulian Pemda Pasaman bagi pembinaan keagamaan dan Kantor Kenenag sendiri.


Selain melantik Pengawas dan Dewan Hakim di acara pembukaan, Bupati Pasaman juga menyerahkan piala bergilir MTQ ke Ketua LPTQ Pasaman, yang tahun lalu di pegang oleh Kafilah Kecamatan Rao Selatan. (Naldi/ab)