Siswi SDN 47 Payakumbuh Wakili Sumbar ke KSN Tingkat Nasional -->

Siswi SDN 47 Payakumbuh Wakili Sumbar ke KSN Tingkat Nasional

Selasa, 05 Oktober 2021
Zaskia Abela 


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Kabar gembira dicurahkan Allah melalui Zaskia Abela siswi SDN 47 Payakumbuh yang terletak di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara. 


Pasalnya, Zaskia Abela yang berdomisili di Talawi tampil sebagai Juara Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan bulan September 2021 yang dilaksanakan panpel secara online. Selanjutnya, Zaskia Abela akan berlaga di KSN Tingkat nasional tahun 2021.


Sebagaimana dicantumkan pada SK yang diterbitkan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekjend Kemendikbud Ristek Nomor :2275/J3/DM.00.03/2021 tentang penetapan calon peserta KSN SD tingkat Nasional. Surat keputusan ini ditandatangani oleh Asep Sukamayadi di Jakarta tanggal 3 Oktober 2021. Nama Zaskia Abela tercantum pada urut ke 250.


Sebelumnya, Zaskia Abela juga telah berhasil menjuarai mapel yang sama di tingkat Kota Payakumbuh. 


Saat dikomfirmasi, Kepala SDN 47 Payakumbuh, Nikmat Elva, M. Pd, Selasa (05/10/2021) pagi membenarkan bahwa dirinya sudah menerima kabar resmi ini melalui WA dari Kasi Dikdas di WAG Kepala Sekolah. 



"Alhamdulillah. Selamat kepada Ananda Zaskia Abela, atas kesempatan yang diraih dalam memenangkan babak penyisihan menuju peserta KSN tingkat Nasional Tahun 2021. Puji syukur tak terhingga kehadirat Allah SWT, Terima kasih atas dorongan  Dinas Pendidikan Payakumbuh, terima kasih kepada guru pembimbing serta kerjasama team work yang solid di SDN 47 Payakumbuh dalam mngkatkan produktifitas dan kualitas kinerja. Tak lupa, terima kasih juga kepada walimurid kami yang senantiasa mensupport dan membimbing ananda Abel dalam mengikuti kegiatan lomba ini. Mohon doa agar sukses nantinya dalam mengikuti ajang kompetisi cabang matematika di tingkat Nasional,"terang Nikmat Elva. 


Diterang Nikmat Elva yang baru satu tahun menjabat Kepala sekolah di SDN 47 Payakumbuh, bahwa secara bersama telah dibentuk tim yang sengaja dirinya sk kan, diantara tim agama, tim yang akan menyiapkan siswa lomba FL2SN, O2SN, KSN dan Literasi. 


Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh H. Dasril merasa sangat bangga mendengar kabar ini. 


"tentunya ini sebuah surprise bagi kita Payakumbuh, dan Sumatera Barat umumnya,"ungkap Dasril, bangga. 


Disebutkannya, ada sembilan utusan dari Sumbar untuk KSN tahun 2021, dan 1 siswa kita dari SDN 47 Payakumbuh yakni Zaskia Abela. Selamat ya Zaskia Abela, serta terima kasih bu Kepsek beserta guru pembimbing yang telah berhasil membawa anak kita masuk ke tingkat nasional. Semoga terus meningkatkan latihan persiapan untuk meraih yang terbaik di nasional.


"Dalam tahap seleksi tempo hari, semua sekolah negeri dan swasta harus mengirim dua utusan ke tingkat Nasional dan diikutkan dalam seleksi online di Nasional lalu (tanggal 4 Oktober 2021. Peserta terbaik lolos mewakili provinsinya. Semoga peluang anak kita ini menjadi pemicu prestasi siswa Kota Payakumbuh, saat Pandemi Covid-19 masih melanda dan angin segar buat pengungkit mutu pendidkan di Kota Payakumbuh,"pungkas Dasril. 


Dari catatan Ketua komite SDN 47 Payakumbuh, Armen. Bahwa sejak SDN ini berdiri, baru kali ini pecah telur membawa nama Ompang Tanah Sirah ke nasional. 


"ini pertama kali, dan terjadi saat kepemimpinan Bu Nikmat Elva. Semoga akan berlanjut. Dan semoga prestasi nasional nantinya bisa diraih anak Kita Zaskia Abela. Mohon dukungan pemerintah daerah untuk meraih sukses ini,"harap Armen.(Ul)