UNP Juara Umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021 -->

UNP Juara Umum MTQM PTN Kemendikbudristek 2021

Jumat, 29 Oktober 2021

 


Padang, FajarSumbar.Com -  Dalam rangka Dies Natalis UNP Ke 67 Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) Tingkat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungkan Kemendikbudristek Se-Indonesia tahun 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 2021. Kegiatan in dilakukan secara daring dan dibuka resmi oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. 


Kegiatan MTQM PTN Kemendikbudristek ini diadakan untuk memfasilitasi para juara di masing-masing PT setelah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) membatalkan kegiatan MTQM Nasional 2021 in yang direncanakan di Yogyakarta. Kegiatan ini terdiri 10 cabang yaitu Musabaqah cabang tartilil Qur'an Putra dan Putri, Musabagah hifzHil Qur'an 5 juz Putra dan Putri , Musabaqah Hifzhil Qur'an 10 juz Putra dan Putri, Musabagah Syarhil; Qur'an dan Musabaqah karya tulis ilmiah kandungan Al-Qur'an. 


Kegiatan ini diketuai oleh Drs. Ardi, M.Si dan diikuti oleh kampus-kampus se-tanah air mulai dari Aceh, Jawa, Kalimantan hingga Sulawesi. Acara MTQ in juga diisi dengan seminar regional Qur'an dan IPTEKS dengan menghadirkan 4 pembicara dari Universitas Islam Antar Babngsa IIUM Malaysia, Prof. Dr. Ir Zuraidah Rahmat, University Teknologi of Brunei Prof. Dr. Her Susanto, Kominsioner Badan Wakaf Indonesia, BWI-Departemen Ilmu Ekonomi Syariah IPB, Irvan Syauqi Beik, Ph.D dan Presiden BEM UNP, Imam Wahyudi. 


Wakil Rektor Ill UNP, Drs. Hendra Syariffudin, M.Si, Ph.D dalam penutupan menyampaikan terimakasih atas partisipasi dari semua pihak "Kegiatan in Insya Allah akan rutin diagendakan setiap tahunnya sebagai agenda Dies Natalis UNP," tutupnya dihadapan pimpinan perguruan tinggi dan delegasi MTQ. Para juara mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dan wang prestasi untuk Juara I, Juara II, dan Juara III sertifikat untuk harapan I dan II. 

Berikut daftar Pemuncak, asal dan nama dari pemuncak MTQM PT Kemendikbudristek 2021 adalah sebagai berikut 

Cabang Tilawah Qur'an Putra 

Juara 1. Universitas Negeri Padang Jihan Amirul Mukmin) 

Juara 2. Universitas Negeri Medan (Raihan Dary Berutu) 

Juara 3. Universitas Malikussaleh (Muhammad Aqil) 


Cabang Tilawah Qur'an Putri 

Juara 1. Universitas Negeri Padang (Nada Aulia)