Qoriah Solok Selatan Dinobatkan Sebagai Pelantun Alqur'an Malam Pembukaan MTQ di Padang Panjang -->

Adsense-ATAS

Qoriah Solok Selatan Dinobatkan Sebagai Pelantun Alqur'an Malam Pembukaan MTQ di Padang Panjang

Minggu, 14 November 2021
Kafilah Kabupaten Solok Selatan saat melewati panggung penghormatan.


Solsel, fajarsumbar.com
- Musyawarah Tilawatir Quran (MTQ) ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Padang Panjang, dibuka secara resmi oleh Mentri Agama yang diwakili oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama RI Prof Dr Pil. H. Komarudin Amin, Sabtu (13/11/2021) malam. 


Hj Mutia Rahmi peraih juara 1 MTQ tingkat Provinsi ke 38 di Kota Solok tahun 2019 tampil di panggung megah atas nama Kafilah Solok Selatan untuk membacakan ayat suci Al Qur'an 


Gubernur Sumbar dalam sambutannya malam itu menyampaikan, MTQ tingkat Sumatera Barat ke 39 ini diikuti oleh seluruh Kabupaten Kota se Sumatera BaratBarat,  MTQ tahun ini merupakan pelaksanaan yang sangat luar biasa. Jangan hanya pelaksanaan kegiatan ini hanya secara serimonial, dannjadikanlah ajang ini untuk meraih ilmu, pengalaman dan persahabatan sebagai umat muslim 


Bupati, Wakil Bupati, Ketua TP PKK Solok Selatan saat melambaikan tangan kepada kafilah Solok Selatan, saat acara pembukaan.

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama RI Prof. Dr Pil. H. komarudin Amin dalam pidatonya menyampaikan Indonesia kerja sama dengan Uni Emil Arab akan mengirimkan sebanyak 205 orang perwakilan dan yang berhasil nanti akan menjadi imam besar di negara Uni Emiran Arab, dengan sarat harus bisa menghafal 30 jus Alqur'an. 


Hendaknya penyelenggara MTQ tingkat Sumatera Barat mampu membentuk manusia yang berkualitas, berplikaku ditengah tengah masyarakat. membawa perobahan yang lebih baik. 


Hendaknya mampu mendekatkan masyarakat dengan Alqur'an dan mendukung masyarakat muslim, dalam proses MTQ ini kita. Masih dihantui oleh Covid-19 Saya berpesan untuk selalu berkomitmen dalam penyelengaraan protokol kesehatan.


Bupati, Wakil Bupati, Sekda Solok Selatan ikut malam itu mendampingi kafilah dalam acara pembukaan MTQ ke-39.

Rombongan kafilah Kabupaten Solok Selatan malam itu turut didampingi oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kadis DPPKAD, Kadis Plt kepala BAPPEDA, ketua TP PKK, ketua GOW,  Ketua Darma Wanita Persatuan Solok Selatan. 


Bupati Solok Selatan H. Khairunas saat diwawancarai usai menghadiri acara pembukaan MTQ di Bancah Lawe Kotan Padang Panjang kepada fajarsumbar.com mengatakan, Kita dan kami semua masyarakat Solok Selatan merasa bangga dengan tampilnya putra putri terbaik Solok Selatan dalam ajang MTQ yang digelar dua tahun sekali ini. 


Jika dilihat dari persiapan kematangan para pengurus, offisial, serta qori dan qoriah. Kita sangat optimis bisa meraih yang terbaik, dan harus yang terbaik. 


Kenapa kita harus meriah yang terbaik, untuk tahun 2023 nanti insya Allah Solok Selatan akan menjadi tuan rumah MTQ ke 40 dan kita harus siap dan harus mematangkan persiapan segala hal yang dibutuhkan, termasuk anggarannya. 


Bupati Solok Selatan bersama bupati tetangga Darmasraya, Sijunjung tampak akrab usai makan malam bersama.


Setelah ini nanti, kita akan lakukan koordinasi, persetujuan anggaran dengan DPRD Solok Selatan nantinya. 


Saya dan kita semua merasa bangga dan terharu di panggung yang sangat megah ini dan disaksikan oleh Kementrian Agama, salah seorang Cori'ah perwakilan Solok Selatan tampil sebagai pembaca Alqur'an saat acara pembukaan. 


"Dengan tampilnya qoriah Solok Selatan itu, sudah menunjukan, dan membuahkan hasil yang baik, sehingga nantinya bisa sebagai penyemangat peserta lainya, " harap Bupati


Dilaporkan pagi ini, Minggu (14)11/2021), sejumlah qori dan qoriah Solok Selatan akan berjuang mengikuti 12 cabang yang akan dilombakan. 


Kafilah Solok Selatan saat akan melakukan parade pembukaan MTQ di Padang Panjang.

Cabang cabang dan sub cabang yang akan dilombakan itu Diantaranya. Tilawah anak anak Putra, Tilawah anak anak putri, tilawah remaja Putra, tilawah remaja Putri, tilawah Dewasa Putra, tilawah dewasa putri, Qira'at Mujawwad Dewasa Putra, tilawah TK Putra, tilawah TK Putri, Tartil Menengah Putra, tartil Menengah Putri, tartil Umum Putra, tartil umum Putri dan sejumlah sub cabang. 


Cabang yang utama Tilawah, Tartil, Tafiz, Tafsir, Khat, Fahmil, Sharhil, Bintang Kasidah , Khutbah Jumat, Kitab Standar, MTIQ.


Menurut Kabag Kesra, Zuladi. Pemda Solok Selatan telah menyediakan bonus kepada Cori dan Cori, ah sebesar Rp 185 juta dengan rincian bagi juara 1 dan tiga dan harapan satu, dua dan tiga. (adv/abg)