Harneli Mahyeldi Intensifkan 10 Program Pokok PKK untuk Lawan Covid-19 -->

Harneli Mahyeldi Intensifkan 10 Program Pokok PKK untuk Lawan Covid-19

Kamis, 04 November 2021

Ny Hj. Harneli Mahyeldi


Solsel, fajarsumbar.com - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pelatihan yang diikuti seluruh Pengurus TP PKK Kabupaten Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (3/11/2021).


Dalam sambutan Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny Hj. Harneli Mahyeldi berharap kegiatan Bimtek dapat dijadikan momentum untuk meningkatkan pembangunan, membantu program kerja pemerintah dan meningkatkan motivasi dalam menjalankan sepuluh program pokok PKK.


"Bimtek ini merupakan tindak lanjut program reguler TP PKK di setiap tingkatan dengan tujuan meningkatkan kompetensi dalam menjalankan 10 program pokok PKK" ujar Harneli.


Disamping itu dapat pula diketahui permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahannya, sehingga diharapkan eksistensi gerakan PKK tetap dapat memberikan Dharma Bhakti dan sumbangsih untuk kemajuan masyarakat di wilayah ini, sehingga masyarakat bisa terbantu  


"Saat ini, kita semua merasakan dampak pandemi COVID-19, terutama di bidang ekonomi. Selain berdampak pada penghasilan keluarga yang semakin terpuruk, perlu kita sikapi bersama," sebutnya.


Menurut dia, tantangan Gerakan PKK saat ini semakin kompleks. Oleh karena itu, Tim Penggerak dan Kader PKK harus aktif dan tanggap terhadap permasalahan bangsa Indonesia khususnya Provinsi Sumbar. 


"Untuk menghadapi ini, kami dari TP PKK Sumbar mengajak semua pihak bergotong royong dan terus membangun solidaritas menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi ini," ajaknya.


Gerakan PKK memiliki kemampuan yang luar biasa. Meski begitu, dalam bekerja lembaga ini tidak bisa mengandalkan anggota tim penggerak PKK sendiri. Program keberhasilan pelaksanaan PKK sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan dan saling bahu membahu.


Ia mengajak seluruh elemen anak bangsa untuk bersyukur, karena pandemi COVID-19 di Sumbar sudah mulai berkurang. Hal itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan terus merapatkan barisan dan dedikasi yang tinggi bersama-sama memerangi pandemi ini.


"Alhamdulillah COVID-19 di Sumbar sudah mulai berkurang, bahkan kita saat masuk dalam urutan ke 9 (sembilan) di Indonesia yang awalnya posisi ke 2 (kedua) dari bawah," ungkapnya.  


Sementara itu Bupati Solok Selatan H. Khairunnas saat membuka acara Bimtek dan pelatihan Pengurus TP PKK mengatakan, program-program pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan masyarakat, sewajarnya memperoleh dukungan dari PKK.  


"Hal ini dapat dilakukan dengan menggali potensi, kegiatan apa saja yang bisa dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Khairunnas. 


Untuk itu, Bupati minta seluruh upaya gerakan PKK Solok Selatan dapat diarahkan dalam kebutuhan masyarakat dan sinergi dengan pemerintah, Tangguh dalam menghadapi tantangan global, khususnya saat pandemi COVID-19.  


"Tentunya tetap melakukan berbagai inovasi dalam menjalankan program dan kegiatannya, seperti pencanangan PKK KB Kesehatan, serta inovasi-inovasi baik lainnya," tuturnya.


Selanjutnya Ketua TP PKK Solok Selatan Ny. Hj. Erniati Khairunnas minta kepada seluruh peserta Bimtek, agar mengikuti Bimtek ini dengan sebaik-baiknya, mari kita jaga keseriusan kita untuk membangun Kabupaten Solok Selatan salah satunya melalui Bimtek hari ini.  


"Komitmen ini harus dari Pengurus untuk melaksanakan berbagai kegiatan ini, upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, yang berangkat dari niat," imbuhnya.


Kemudian sebagao penutup, Erniati menyampaikan terimakasih kepada TP-PKK Provinsi Sumatera Barat yang telah mau berbagai kepandaian kepada seluruh Pokja. Menurutnya, hal ini memang sangat dibutuhkan oleh kader agar nantinya menjadi TP-PKK terbaik di Sumatera Barat.

 

"Terimakasih kepada TP-PKK Sumatera Barat yang sudah berbagi ilmu terbaik kepada kita semua di sini," tutupnya. 


Dalam acara tersebut hadir juga Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Evi beserta Istri Ny. Hj. Bet Yulian Evi dan para pengurus TP PKK Solok Selatan serta peserta Bimtek lainnya. (nov/ab)