Muspida Tinjau Tanah Longsor di Mergolangu -->

Muspida Tinjau Tanah Longsor di Mergolangu

Kamis, 04 November 2021

.


Wonosobo, fajarsumbar.com - Rombongan Muspida Wonosobo yang terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Kodim yang diwakili Kasdim, Kapolres serta didampingi  Kepala DPUPR, Dinas kesehatan, BPBD, Muspika Kalibawang meninjau longsor di Desa Mergolangu Kecamatan Kalibawang yang terjadi pada hari Jumat kemarin. Kamis  (04/11)

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat dalam peninjauan longsor menyampaikan saat ini dibeberapa kecamatan telah longsor.  Baik sekala kecil maupun besar seperti di Mergolangu ini.   Untuk di Mergolangu ini ada rumah yang mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimbun tebing setinggi 8 meter.

Melihat hal tersebut Bupati menghimbau kepada masyarakat agar apabila hujan turun dengan intensitas tinggi dan waktu lebih dari 2 jam diharapkan waspada terhadap kondisi sekitar.  Apabila terada tanda – tanda bahaya segera mencari tempat yang aman, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan.

Untuk menimimalis korban maka Bupati mengharapkan agar setiap desa memiliki minimal 5 orang atau lebih tenaga sukarelawan yang siap digerakkan sehingga apabila didaerah tersebut terjadi bencana maka akan ada tindakan yang tepat saat terjadi musibah sambil menunggu tim dari yang lain. 

Kasdim 0707/Wonosobo, Mayor Caj Henry Handoko menyampaikan Kodim siap membatu Pemda dalam menangani bencana,  untuk itu apabila terjadi bencana diharapkan segera menghubungi Babinsa atau Koramil terdekat.  24 jam pasukan siap digerakan tinggal melihat skala besar atau kecil sehingga pengerahan pasukan akan disesuaikan.

" Karena saat ini masih sering hujan dengan intensitas tinggi maka diharapkan kesadaran masyarakat untuk bersama sama menjaga lingkungan sekitarnya mengingat Wonosobo merupakan daerah perbukitan dan kondisi sudah jarang pohon besar.  Oleh sebab ini mari bersama sama saling menjaga lingkungan sekitar kita," ungkap Kasdim.

Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi menambahkan kepada warga yang akan mengungsi agar barang – barang berharga dibawa. Serta perhatian faktor keamanan lingkungan jangan sampai saat terjadi musibah ada orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.