Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bupati Instruksikan Perangkat Kenagarian Berperan Aktif -->

Adsense-ATAS

Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bupati Instruksikan Perangkat Kenagarian Berperan Aktif

Rabu, 17 November 2021
Bupati Safaruddin serahkan penghargaan 


Lima Puluh Kota, fajarsumbar.com - Tim Satuan Tugas Penanganan dan pencegahan covid-19 Pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota laksanakan apel gabungan percepatan vaksinasi, Rabu (17/11/2021) di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota di Bukit Limau Kenagarian Sarilamak.


Apel gabungan tersebut tampak dihadiri forkopimda kabupaten Lima Puluh Kota dan forkopimda Kota Payakumbuh yang terkait kegiatan ini. Selain satgas terkait, tampak hadir dalam apel gabungan ini pimpinan OPD, Camat, dan walinagari serta Bamus se kabupaten Lima Puluh Kota.


Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin selaku pembina apel pagi itu sampaikan pin penegasan bahwa semua unsur pemerintah yang ada di Pemda Lima Puluh Kota wajib menyukseskan percepatan vaksinasi covid-19 hingga pemerintah terrendah, yakni jorong.


.

Disampaikannya, Selain untuk meningkatkan koordinasi dalam Pencegahan penyebaran dan Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 antar Pemerintah Daerah sampai ke Nagari-nagari bersama TNI/Polri, serta stakeholder terkait, apel ini juga sebagai implementasi Instruksi Gubernur Sumbar No. 6110/Dinkes/2021 tertanggal 9 November 2021, tentang Pekan Ketuk Pintu Vaksinasi Covid 19.


Dimana secara serentak, seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar akan menggelar gebyar vaksinasi covid 19 dari tanggal 22-30 November 2021 mendatang di seluruh Nagari serta Kelurahan yang ada.


Untuk itu, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menghimbau kepada Seluruh Wali Nagari, Wali Jorong serta para kader yang ada di Nagari untuk dapat mendukung serta menggerakan masyarakat dalam mensukseskan vaksinasi covid 19 di Wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota, sesuai dengan cakupan sasaran vaksinasi yaitu sebesar 60 persen sampai Bulan November dan 70 persen di akhir Desember tahun 2021 ini.


"Kami mengharapkan kepada kita bersama untuk melaksanakan kegiatan vaksin secara bersama sama, bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, alim ulama, niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduang dan seluruh kader kader yang ada di nagari," ucap Bupati Safaruddin dalam arahannya saat memimpin apel gabungan yang dihadiri oleh unsur forkopimda, kepala OPD, Wali Nagari, ASN dan TNI/Polri serta seluruh stakeholder terkait.


.

Pada kesempatan itu, Bupati menegaskan kepada seluruh jajarannya bahwa, dalam melaksanakan pelayanan pada masyarakat harus berpedoman kepada Instruksi Bupati Nomor 56/Satgas Covid 19/X, dimana masyarakat yang melaksanakan urusan dengan pemerintah harus dapat menunjukan sertifikat vaksin Covid 19.


"Kami menghimbau, Wali Nagari harus lakukan pendataan bagi masyarakat yang telah divaksin maupun yang belum divaksin dengan bantuan Babinsa dan Babinkantibmas, serta memberikan laporan secara tertulis kepada Bupati melalui BKPSDM," tambahnya.


Sementara itu Kapolres Kabupaten 50 Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K mengatakan bahwa disiplin protokol kesehatan serta langkah percepatan vaksinasi covid 19, diharapkan sebagai langkah purna dalam penanganan covid 19.


Kapolres Kabupaten 50 Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K

Disampaikannya, Kita adalah bagian dari negara. Jadi, jika negara memanggil, mari kita penuhi. Sebagai bukti setia pada negara, karena saat ini negara sedang dilanda pandemik covid-19. Dan negara berupaya untuk bangkit, bangkit bersama dengan disiplin prokes dan Percepatan vaksinasi sebagai langkah penaganan. Penanganan covid-19 berlandas pada teori pencegahan melalui penerapan pola 5M. Selanjutnya, upaya vaksinasi. Vaksin di Indonesia telah sesuai arahan Unicef, tokoh medis, serta  dalil akli dan nakli dari tokoh agama, hingga label halalnya. Ini merupakan kewajiban pemerintah untuk menyelamatkan warganya. Bentuk tanggung jawab pemerintah melalui program gratis, jangan tunggu berbayar. Selain itu  dilengkapi regulasi dari pimpinan diatas hingga pemerintah di nagari.


"Jangan salah terjemahkan, vaksin ini bukan pemerintah yang mewajibkan, tapi bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakatnya untuk menyalamatkan masyarakatnya dari pandemi covid 19. Kita harus laksanakan, karena vaksinasi ini juga telah teruji klinik dan sudah dinyatakan kehalalannya menurut agama," pungkasnya.


Kapolres Kabupaten 50 Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K serahkan penghargaan 

Usai apel, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Kapolres 50 Kota berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lima Puluh Kota, dr. Tien Septino sebagai apresiasi percepatan penanganan Covid 19 di Kabupaten Lima Puluh Kota, serta kepada Bripka, Luana Putri, SH yang telah aktif dalam pemberian saran dan masukan terkait pembentukan rancangan Perda 2021 Kabupaten Lima puluh Kota.(ul)

 
#PariwaraDiskominfo

#Pemkab50Kota