Tebing 8 Meter Longsor Timpa Rumah Warga -->

Tebing 8 Meter Longsor Timpa Rumah Warga

Rabu, 03 November 2021

 


Wonosobo, fajarsumbar.com - Danramil Mojotengah Kapten Czi Sarwiyono  memimpin langsung karya bakti tanah longsor di Dusun Mbandingan Desa Gunturmadu.  Tebing setinggi 8 meter dan lebar 15 meter longsor menimpa rumah Murwanti. Rabu  (3/11).

Suparman selaku Kades Gunturmadu menyampaikan pada hari Selasa 2 Nopember 2021 pukul 14.30, senderan rumah milik Kastono  setinggi 8 M panjang 15 meter longsor menimpa rumah warga serta kandang kambing dan jalan setapak, dengan kerugian sekitar 20 jt.  

Longsor terjadi akibat hujan turun dengan instensitas tinggi dalam waktu beberapa hari yang lalu. Ditambah lagi kondisi tanah yang labil, tidak ada pohon besar disekitar tebing tersebut sehingga saat diterpa hujan secara terus menerus.

" Kami atas nama masyarakat Gunturmadu terima kasih kepada Koramil yang telah melaksanakan karya bakti membersihkan material longsor.  Kehadirannya menjadikan semangat tersendiri bagi masyarakat.  Mereka tidak sungkan mengangkat batu dan tanah untuk disingkirkan," ungkap Suparman.

Kapten Czi Sarwiyono menyampaikan bahwa kehadiran TNI di lokasi bencana merupakan tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada TNI. Untuk itu kami datang dengan senang hati menjalankan perintah pimpinan dan juga membantu masyarakat yang sedang terkena musibah.  Sebab TNI dari rakyat mengabadi untuk rakyat dan nantinya akan kembali kepada rakyat.  Untuk itu sebelum kembali kerakyat maka saat bertugas harus mau membantu sehingga saat purna nanti akan selalu ditunggu  rakyat.

Lebih lanjut disampaikan saat karya bakti membersihkan tanah longsor menghimbau kepada masyarakat karena saat ini hujan masih sering turun maka dibutuhkan kesadaran semuanya untuk peduli terhadap lingkungan sekitar.  Sehingga apabila terjadi bencana bisa diminimalisir kerugiannya. Seperti melihat retakan tanah, pohon/tiang listrik miring tidak semestinya. Ada genangan di sekitar tebing dan lain sebagainya maka kita harus segera waspada dan segera ambil tindakan seperti lapor kepada RT, RW atau Kades.