Akhir 2021 Diundang ke Nasional, SDN 11 Payakumbuh Sekolah Adiwiyata Mandiri -->

Adsense-ATAS

Akhir 2021 Diundang ke Nasional, SDN 11 Payakumbuh Sekolah Adiwiyata Mandiri

Kamis, 23 Desember 2021
Syufriati (2018)

Payakumbuh, fajarsumbar.com – Bahagia di akhir tahun untuk Kota Payakumbuh dipersembahkan jajaran dinas pendidikan melalui SDN 11 Payakumbuh, Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara. Menurut Kepala SDN 11 Payakumbuh, Hj. Syufriati, M. Pd, prestasi ini milik bersama, prestasi kita semua untuk HUT Kota Payakumbuh ke 51 tahun 2021.


“Ini adalah bukti pengabdian kita bersama untuk Payakumbuh. Jadi ini prestasi kita semua. Terima kasih pemko Payakumbuh dan jajaran, unsur pimpinan di kecamatan dan kenagarian Koto Nan Gadang. Serta, tak terlupa dukungan masyarakat Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate serta sekolah binaan. Terima kasih buat keluarga besar SDN 11 Payakumbuh, yang solid guna menggapai prestasi ini,”ungkap Syufriati yang akrab dipanggil Opet, Kamis (23/12/2021) pagi.


“SDN 11 Payakumbuh bermotto ‘Jangan fikirkan masa lalu tetapi berfikirlahlah untuk masa depan’. Salam literasi dan berkarakter, terutama sekali SDN 11 Kota Payakumbuh. Terima kasih,”imbuhnya.


Dikatakan Syufriati, penetapan SDN 11 Payakumbuh sebagai sekolah adiwiyata mandiri tahun 2021 melalui surat keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 1078/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 tanggal 17 november 2021 tentang penetapan sekolah adiwiyata tahun 2021. Di SK ini, SDN tercantum pada urut 2 lampiran SK tersebut. SDN 11 Payakumbuh, satu-satunya sekolah di Sumatera Barat yang lolos sebagai sekolah adiwiyata mandiri tingkat nasional tahun 2021.


Kepala SDN 11 Payakumbuh juga diundang ke Serpong Tangerang Selatan pada tanggal 27 Desember 2021 untuk menerima penghargaan dari Menteri LH dan Kehutanan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan. Sebagaimana tercantum pada surat yang bernomor 334 /LATMAS/PGL/SDM.2/12/2021 tanggal 17 Desember 2021.


Dalam surat tersebut terdapat 23 provinsi yang diundang menerima penghargaan di nasional. Salah satunya pada angka 1 di lampiran SK tersebut. Provinsi Sumatera Barat diwakili SDN 11 Payakumbuh.


Baca juga : https://www.fajarsumbar.com/2021/12/sdn-11-payakumbuh-sekolah-terbaik.html


Walikota Payakumbuh turut bangga dengan prestasi ini. Sebagaimana diungkap pendek Kadis Lingkungan Hidup, Devitra dalam WAG Pendidikan Payakumbuh. “ Mantap, mantap. SDN 11 Payakumbuh akan jadi tujuan studi tiru di nasional, minimal provinsi dan daerah tingkat II,”singkatnya.


Dalam apresiasinya, Devitra menyebut, Pertama kita bersyukur alhamdulillah atas capaian prestasi SDN 11 Payakumbuh ditetapkan oleh Kemen LHK sebagai sekolah adiwiyata mandiri berdasarkan penilaian beberapa waktu yang lalu. Kedua, sesuai dengan tujuan dari sekolah adiwiyata mandiri sendiri yaitu mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan serta mempunyai beberapa sekolah binaan. Ketiga, Kita berharap torehan prestasi ini akan mampu menularkan budaya lingkungan yang sehat, bersih, hijau dan indah ke sekolah lainnya. Keempat , semoga SDN 11 Payakumbuh bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini dan bisa memicu sekolah lain untuk melakukan hal yang sama,"ungkap Devitra.


Sampai berita ini dikirimkan, Kepala Dinas Pendidikan saat ditanyai media di WA pribadinya, belum mendapat konfirmasi.(ul)