Bantuan Santunan Kematian Bagi Keluarga Pra Sejahtera -->

Adsense-ATAS

Bantuan Santunan Kematian Bagi Keluarga Pra Sejahtera

Selasa, 21 Desember 2021
.

Pati, fajarsumbar.com - Bupati Haryanto menyerahkan santunan kematian tahap IV bagi keluarga pra sejahtera di ruang Pragola Setda Kabupaten Pati, Senin (20/12). Acara ini dihadiri perwakilan penerima santunan atau ahli waris dan Kepala Dinas P3AKB.


Muhtar selaku Kepala Dinas P3AKB menyampaikan bahwa pada tahun 2021 ini Pemkab Pati telah menyalurkan 4 kali santunan kematian yaitu tahap 1 sebanyak 112, tahap II sebanyak 138, tahap III sebanyak 166, dan tahap IV ini sebanyak 376 penerima santunan kematian yaitu ahli waris dengan total keseluruhan sebanyak 792 penerima atau ahli waris, dengan bantuan senilai satu juta rupiah per penerima bantuan santunan kematian. 


Ia menjelaskan, mulai tahun 2021 ini untuk penyampaian proposal dalam rangka usulan santunan kematian bagi keluarga prasejahtera bisa melalui aplikasi Pati Santun.


Sebelum menyerahkan bantuan kematian secara simbolis, Bupati Haryanto mengatakan bahwa bantuan ini sudah berjalan lebih dari 9 tahun. "Sejak awal memang kita berupaya berempati karena kita tidak bisa langsung takziyah", ujarnya.


Bantuan ini tidak banyak jika dibandingkan dengan 2020 kemarin. Bupati mengungkapkan, ada penurunan angka kematian di tahun 2021 ini. 

"Kita sempat kuwalahan karena angka kematian tinggi. Dan tahun 2021 ini kita siapkan 1 miliar ternyata dibandingkan dengan tahun kemarin kematian tahun ini lebih rendah. Bantuan ini tidak ada potongan sama sekali jadi nanti menerima utuh," imbuh Bupati. 


Kesempatan ini, Bupati ikut mendoakan masyarakat yang telah dipanggil Yang Maha Kuasa agar diampuni segala dosanya dan diterima segala amal baiknya. Serta keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan.