HJK ke-231, Padang Panjang Bangkit dan Berjaya -->

Adsense-ATAS

HJK ke-231, Padang Panjang Bangkit dan Berjaya

Kamis, 02 Desember 2021
.

PADANG PANJANG - Kota Padang Panjang kini berusia 231 tahun. Hari Jadi Kota (HJK) berjuluk Serambi Mekah ini  diperingati setiap 1 Desember. 


Rabu 1 Desember 2021 HJK  diperingati secara sederhana dalam rapat paripurna istiwa DPRD, dipimpin Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md, dihadiri Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansyarullah, bupati walikota se-Sumbar, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang dan undangan. 20 anggota  DPRD Padang Panjang lengkap hadir.


Tema peringatan HJK ke-231 "Padang Panjang Bangkit dan Berjaya" sejalan dengan semangat dan optimisme pemerintah bersama stakeholder dan masyarakat.


Walikota, H. Fadly Amran menyampaikan, sejumah indikator  sekarqng ini menunjukkan perbaikan Padang Panjang. Di antaranya, Indeks Reformasi Birokrasi Padang Panjang meningkat dari 50,49 pada tahun 2018 menjadi 52,82 pada tahun 2020, dan ditargetkan mencapai 54,02 di tahun 2021 ini.


Pin Emas dan penghargaan untuk tokoh masyarakat. 

SAKIP meningkat dari 58,69 dengan predikat CC di tahun 2020 menjadi 60,80 dengan predikat B dan ditargetkan mencapai 61,2 pada tahun 2021.


"Opini BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah dapat dipertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut-turut. Insyaa Allah akan tetap bertahan. 


Indeks kepuasan masyarakat juga mengalami  peningkatan menjadi 80,62 pada tahun 2020,tahun 2021 ditargetkan menjadi 89,07.


"Banyak sekali pencapaian yang sudah diraih, baik tata kelola pemerintahan, pencapaian di bidang kemasyarakatan, dan program-program kita. Alhamdulillah, berkat kerja sama ketua dan anggota DPRD, Forkopimda, capaian vaksinasi kita menjadi yang tertinggi di Sumatra Barat," kata Wako Fadly.


Menurutnya itulah yang membawa Padang Panjang dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan besar tingkat provinsi, seperti MTQ Sumbar ke-39,  Andalas Santri's Camp, Art Fest, Fun Airsoft Gun Day, HUT PGRI tingkat Sumbar dan banyak lagi kegiatan yang mendapat sambutan masyarakat.


Suasana Rapat Paripurna Istimewa DPRD Padang Panjang

Sementara  Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah menyatakan banga atas berbagai  prestasi yang dicapai di Padang Panjang dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya tingkat provinsi, juga nasional bahkan Internasional.


Gubernur mengucapkan selamat HJK ke-231 yang disebutnya merupakan  momentum penting melakukan kilas balik sejarah dan prestasi yang diperoleh dan introspeksi  melangkah  lebih baik


"Tetap lakukan peningkatan kesejahteraan  masyarakat, memberikan kenyamanan dan kedamaian kepada masyarakat. Hal yang membanggakan di di Kota Padang Panjang, Pemko dan DPRD mendapat dukungan penuh masyarakat menanggulangi Covid-19," katanya.


Gubenur juga mengapresiasi capaian vaksinasi Kota Padang yang tertinggi di Sumbar.  


"Dosis pertama 99,80 persen dan dosis kedua  61,64 persen. Ini buah sinergi dan kekompakan. Ketika kita kompak, bersinergi, keberhasilan akan kita raih. 

Kami berterima kasih. Itulah kenapa banyak  agenda tingkat Sumbar  dilaksaanakan di Padang Panjang, karena dari segi Covid-19 tergolong aman,"  jelasnya.


Gubernur  minta pemerintah bersama masyarakatnya terus berinovasi dan berkolabarasi. 


Rasa memiliki

Sementara itu Ketua DPRD Mardiansyah, A.Md megatakan, peringatan HJK Padang Panjang didasari Perda No.17 Tahun 2004 yang menetapkan,  tanggal 1 Desember 1790 sebagai Hari Jadi Kota  ini.


Hadirin mengumandangkan  lagu Indonesia Raya


“Sebagai perwujudan rasa memiliki dan cinta kepada Padang Panjan,  setiap tahun diperingati HJK melalui Rapat Paripurna istimewa DPRD. 


Karena dalam masa pandemi Covid-19, peringatan HJK kali digelar dengan sederhana, tanpa resepsi dan acara hiburan.


Seperti juga tahun sebelumnya pada peringatan HJK diserahkan Pin Emas dan penghargaan kepada 10 orang yang dinilai berjasa dalam berbagai bidang untuk kemajuan Padang Panjang. (adv/syam)