30 Murid SD di Padang Muntah-Muntah, Diduga Keracunan Bakso Bakar  -->

Adsense-ATAS

30 Murid SD di Padang Muntah-Muntah, Diduga Keracunan Bakso Bakar 

Rabu, 12 Januari 2022

 

Ilustrasi keracunan makanan.

PADANG - Murid sekolah dasar (SD) di Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) muntah-muntah usap menyantap bakso bakar. Mereka diduga keracunan makanan.


Wakil Kepala SDN 29, Afrizal mengatakan peristiwa ini terjadi sekitar pukul 07.00 WIB saat para siswa mulai datang ke sekolah untuk belajar. Sebelum masuk, para siswa tersebut jajan di jajanan yang ada di luar sekolah.


"Rata-rata mereka yang keracunan ini setelah memakan bakso bakar," kata Afrizal, Selasa (11/1/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Siswa keracunan tersebut diketahui pada pukul 09.00 WIB, saat itu, ada beberapa siswa yang mengeluh mual, sakit perut hingga muntah. Mereka yang mengeluh pun dirawat di UKS sekolah.


"Setelah beberapa yang mengeluh itu, bertambah lagi yang mengeluh dengan sakit yang sama. Kita bawa ke puskesmas. Karena puskesmas lagi ada kegiatan vaksinasi, dirujuk ke RSUD," katanya.


Kabid Pelayanan Medis dan Keperawatan, RSUD dr Rasidin, Sri Kurnia Yati mengatakkan, ada 35 orang yang datang ke RSUD dr Rasidin Kota Padang untuk berobat, pasien tersebut mengalami sakit perut, mual dan muntah.


"Menurut informasi dari orang tua siswa, mereka mengalami hal usai makan bakso bakar yang dijual di sekitar sekolah," kata Sri Kurnia.


Dari 35 pasien tersebut ada 30 siswa SD dan lima orang dewasa termasuk satu ibu hamil.


"Dari 35 pasien itu ada 11 yang dikasih oksigen dan 11 orang lagi sudah diperbolehkan pulang dan selebihnya masih dirawat," katanya.


Pasien yang dirawat tersebut ada dua orang yang tergolong parah saat ini dirawat di IGD.


"Dia mengalami muntah 10 kali lebih dan masih sakit perut," kata dia.


Sementara itu pasien itu ada juga balita yang mengalami keracunan kini masih sedang dirawat.


"Untuk sampel makanan sudah diambil pihak Puskesmas Kuranji sementara sampel di rumah sakit diambil dari muntahan. Untuk makanan sudah diserahkan ke Balai POM Padang untuk diperiksa," kata dia.(*)