4 Pemain Eropa Bersedia Bela Timnas Indonesia, PSSI: Secepatnya Datang ke Tanah Air -->

Iklan Atas

4 Pemain Eropa Bersedia Bela Timnas Indonesia, PSSI: Secepatnya Datang ke Tanah Air

Kamis, 13 Januari 2022
Jordi Amat bersedia bela Timnas Indonesia. 

SEKJEN PSSI, Yunus Nusi, memastikan 4 pemain Eropa keturunan Indonesia sudah bersedia membela Timnas Indonesia. Dalam waktu dekat, mereka bakal datang ke Tanah Air untuk merampungkan proses naturalisasi.


Sebanyak empat pemain yang dimaksud adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen. Mereka bermain di kompetisi elite Eropa dan kehadiran mereka diprediksi mendongkrak kekuatan Timnas Indonesia.


Yunus Nusi mengatakan proses naturalisasi mereka berjalan lancar. Pengumpulan kelengkapan administrasi sebagai syarat awal naturalisasi sudah memperlihatkan perkembangan.

"Keempat pemain itu sudah bersedia. PSSI dan agen mereka terus berkomunikasi dan semua berlangsung dengan baik. Mudah-mudahan mereka secepatnya datang ke Indonesia walau kami menyadari mereka masih memperkuat timnya masing-masing," kata Yunus Nusi mengutip dari ANTARA, Kamis (13/1/2022).


Sekadar diketahui, kebijakan menaturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers dan Ragnar Oratmangoen merupakan permintaan langsung pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kehadiran pemain keturunan dinilai Shin Tae-yong dapat membantunya mencapai serangkaian target yang dibebankan PSSI.


Andai semua proses tuntas dan menjadi WNI, mereka dapat langsung memperkuat skuad "Garuda". Sebab, mereka memiliki garis keturunan Indonesia dan belum pernah memperkuat timnas senior di negaranya saat ini.


Sandy Walsh (26 tahun) berposisi sebagai bek kanan dan berkewarganegaraan Belanda. Sekarang ia memperkuat klub Liga Belgia KV Mechelen. Lalu Jordi Amat (29 tahun), bek tengah klub Liga Belgia KAS Eupen dan saat ini memegang paspor Spanyol, , sebagaimana juga dikutip Okezone.com.


(Sandy Walsh ngebet bela Timnas Indonesia)


Mees Hilgers merupakan bek tengah berumur 20 tahun yang berkarier di klub Twente FC di Liga Belanda. Ia berstatus sebagai warga negara Belanda. Warga Belanda lain, Ragnar Oratmangoen, yaitu pemain sayap klub Go Ahead Eagles di Liga Belanda, yang baru berusia 23 tahun.


Proses naturalisasi keempat nama tersebut dipimpin anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani. Harapannya saat Timnas Indonesia melakoni FIFA Matchday pada Maret 2022 atau Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022, keempat nama di atas sudah bisa bergabung.(*)