Bangkitkan Perekonomian Sawahlunto, PT Bukit Asam Kucurkan Modal Usaha Poktan Garuda Emas Desa Salak -->

Adsense-ATAS

Bangkitkan Perekonomian Sawahlunto, PT Bukit Asam Kucurkan Modal Usaha Poktan Garuda Emas Desa Salak

Jumat, 07 Januari 2022
Asisten Manajer Administrasi Kepegawaian, Umum dan Keuangan PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin, Alman Syarif memberikan bantuan modal usaha di kantornya kepada Ketua Kelompok Tani Garuda Emas Desa Salak Alexis, Jumat 7 Januari 2022.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Bangkitkan perekonomian masyarakat Kota Sawahlunto melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin mengucurkan bantuan modal usaha senilai Rp 6 juta untuk Kelompok Tani Garuda Emas Desa Salak, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumbar yang bergerak di bidang Peternakan Ayam pedaging, Jumat 7 Januari 2022.


Bantuan modal usaha ini berdasarkan dari tanggungjawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin yang diterima langsung oleh Ketua Kelompok Tani Garuda Emas Alexis didampingi Sekretaris Anton Saputra di Kantor PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin.


General Manager Unit Pertambangan Ombilin PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, Yulfaizon melalui Asisten Manajer Administrasi Kepegawaian, Umum dan Keuangan, Alman Syarif menyampaikan komitmen PT Bukit Asam terhadap UMKM yang berada di Kota Sawahlunto, pihaknya bukan sekarang saja membantu, tetapi sejak berdirinya PT Bukit Asam. 


"Kemudian dengan program-program CSR yang ada di perusahaan dan dengan masuknya permohonan-permohonan ini, pasti kami proses sesuai dengan ketentuan yang ada di kami dan ada juga batas-batasnya. Dan kami berharap PT Bukit Asam yang berlokasi di Kota Sawahlunto, keberadaannya dirasakan oleh masyarakat. Sehingga kendala-kendala yang ada selama ini dapat diatasi dan juga dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," tutur Alman Syarif.


PT Bukit Asam sebagai BUMN, kata Alman, berkewajiban membantu masyarakat sekitar, baik masyarakat-masyarakat ring satu maupun masyarakat di seluruh Indonesia. "Karena kami BUMN, maka kami bertanggungjawab terhadap keberlangsungan usaha-usaha yang ada di masyarakat," sambungnya.


Harapannya, penerima-penerima bantuan ini adalah sebagai penambah modal karena pihaknya tidak dapat menghandle secara keseluruhan. Semoga apa yang menjadi harapan dari pelaku UMKM berhasil hendaknya, sehingga di PT Bukit Asam itu, untuk kemitraan ada namanya mitra naik kelas.


Dari modal yang ada ini bisa berkembang, mungkin bisa menciptakan peluang-peluang kerja bagi masyarakat di sekitar lokasi Poktan, sehingga tenaga-tenaga kerja yang putus kerja atau yang belum layak bisa bergabung disitu bersama teman-teman.


"Kami berharap generasi-generasi muda yang seperti ini, inilah yang menjadi pendobrak bagaimana ekonomi Kota Sawahlunto itu bangkit kembali," harapnya kemudian.


Ketua Kelompok Tani Garuda Emas Alexis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT Bukit Asam Unit Pertambangan Ombilin atas bantuan modal usaha yang diberikan melalui program-program CSR-nya.


"Alhamdulillah, semoga bantuan modal usaha ini dapat berkembang dan sukses dilaksanakan sehingga kedepannya dapat membantu anggota-anggota Kelompok Tani Garuda Emas lainnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat yang tergabung dalam Poktan Garuda Emas Desa Salak ini," ujarnya berharap. (ton)