Sidak dan Monitoring Terus Bergerak Memotivasi Guru, Ini Penjelasan Kadisdikbud Anwar -->

Adsense-ATAS

Sidak dan Monitoring Terus Bergerak Memotivasi Guru, Ini Penjelasan Kadisdikbud Anwar

Rabu, 05 Januari 2022

Kepala Dinas Dikbud Padang Pariaman Drs.H.Anwar,M.Si ketika Sidak memberikan pengarahan kepada guru-guru dan Kepsek pada salahsatu SD di VII Koto, Selasa kemaren (foto.dok.sa)


Parik Malintang
- Untuk memotivasi guru dan Kepala Sekolah Dasar (SD), memang diperlukan sentuhan hubungan silaturahmi dan komunikasi yang intens  dengan turun kelapangan. Sehingga kita bisa menyampaikan visi dan misi yang diemban, sekaligus kita dapat informasi dan tahu permasalahan mereka di lapangan.


Demikian dikemukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Drs.H.Anawar, M.Si ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com, Rabu siang (04/02/22), sehubungan mengawali proses pembelajaran Semester II tahun pelajaran 2021/2022 yang telah berjalan tiga hari ini. 


Ia pun mengakui untuk kesuksesan suatu pekerjaan, memang dibutuhkan kerjasama yang baik sesama kita dan mitra kerja. Hal itu, tentu didahului dengan meningkatkan silaturahim dengan komunikasi dua arah dari pemangku kepentingan. 


'Setidaknya, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan guru sebagai tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan dilapangan. Sejak tiga hari Januari 2022 ini telah mengunjungi dan monitoring 15 SD di Kecamatan VII Koto, Nan Sabaris dan Ulakan Tapakih" kata mantan Kepala BKPSDM itu.


Kita turun kelapangan sejak empat bulan terakhir, sebut Anwar, hanya semata-mata memberikan motivasi dan semangat guru-guru bersama Kepala SD. Juga kita memperoleh data yang akurat, termasuk ketersediaan sarana dan prasarana di Sekolah yang dikunjungi.


"Kita bertekad akan memonitoring kesemua SD di Padang Pariaman sebanyak 410 buah ini. Itupun jikalau bisa dilalui kenderaan empat, kita akan datang menemui rekan-rekan guru kesana" ungkap mantan Kabag Kabag Kesra itu bersemangat.


Anwar pun mengakui sejak dari menjabat Plt dan definitif telah mengunjungi sekitar 125 SD dan TK. Turun kelapangan selama ini, rupanya suatu kegembiraan dirasakan guru dan tenaga kependidikan dengan kehadiran kita.


"Sehingga tercipta komunikasi yang baik dengan penuh kekeluargaan, maka tak ada jurang pemisah antara kita sesama ASN maupun atasan dan bawahan. Kadis Dikbud itu, memang mengurus pendidikan dasar SD dan SMP kok" tegas dia menampik sinyalemen miring lantaran ia sering sidak ini.


Dengan turun kelapangan ini, ujar Anwar menambahkan tentu akan kita peroleh data valid dari tangan pertama. Sehingga ada kesinkronan isian pada Dapodik SD bersangkutan. Jadi, tak ditemukan lagi saling menyalahkan data sekolah mereka.


Kesetiap TK, SD dan SMP yang didatangi, ia selalu mengajak guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan lainnya agar bekerja sesuai Tupoksi masing-masing dengan penuh disiplin demi mewujudkan pendidikan berjaya di Padang Pariaman.(sa).