Gelar UTP Sebagai Alat Ukur Kemampuan Prajurit -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Gelar UTP Sebagai Alat Ukur Kemampuan Prajurit

Kamis, 10 Februari 2022

 

.

Wonosobo, fajarsumbar.com - Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan Uji Terampil Perorangan (UTP) Umum bagi prajurit Tamtama dan Bintara yang diikuti 333 orang. Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari pelaksanaan program latihan pada Triwulan I TA 2022 bertempat di Taman Wisata Kalianget. Kamid (10/2).


Uji Terampil Perorangan (UTP) umum merupakan parameter untuk mengukur tingkat kemampuan dasar perorangan Prajurit yang telah diberikan pada saat melaksanakan Latihan Perorangan Dasar (Latorsar) Umum di Triwulan I. Dari hasil UTP ini diharapkan mampu menggambarkan  kemampuan dasar umum setiap Prajurit Kodim 0707/Wonosobo dalam rangka membentuk prajurit yang profesional.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pengujian dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai teknis militer umum dan teknis militer kecabangan, dengan mengacu pada ketentuan dalam BPUP 2 sampai dengan 7, adapun pelaksanaannya dibagi dalam 2 tahap.


Ditempat terpisah Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat menekankan kepada seluruh prajuritnya bahwa latihan ini merupakan kegiatan yang sudah terprogram dan dilaksanakan setiap tahun, namun demikian bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata.

“UTP merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap pelaksanaan Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan keterampilan masing-masing prajurit sesuai dengan tugas pokoknya, agar dapat mencapai kemampuan standar, sesuai dengan Pangkat dan jabatan baik di bidang Militer Umum, bidang Teritorial maupun Intelijen,” sambungnya.

“Saya tekankan kepada seluruh prajurit karena saat ini masih masa pandemi Covid -19 maka protokol kesehatan benar – benar diterapkan selama kegiatan latihan. Kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman ke masyarakat bahwa kita bisa melakukan kegiatan akan tetapi aturan protokol kesehatan tetap diperhatikan ,” tutup Dandim.