Kasal : Saka Bahari Wadah Pramuka Berorientasi Kebaharian -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kasal : Saka Bahari Wadah Pramuka Berorientasi Kebaharian

Rabu, 23 Maret 2022

 

.

Jakarta, fajarsumbar.com - “Saka Bahari merupakan wadah pembinaan bagi pramuka khususnya penegak dan pandega untuk menjalankan program kegiatan yang berorientasi pada kebaharian, melalui kegiatan-kegiatan yang nyata, bermanfaat dan produktif.” Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono selaku Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Saka Bahari Tingkat Nasional saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Saka Bahari Nasional Tahun 2022, bertempat di Auditorium Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu. (23/3). 


Laksamana Yudo mengutarakan melalui kegiatan Saka Bahari dapat membentuk pribadi generasi muda yang memiliki keterampilan dan semangat membangun serta memiliki budi pekerti yang luhur, dilandasi nilai keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

“Bagi pramuka Saka Bahari, selain memiliki kepribadian tersebut, diharapkan juga memiliki rasa kecintaan kepada laut, karena disana terbentang harapan dan masa depan bangsa,” pesan Kasal.


Menurut Kasal, dalam upaya melaksanakan pembinaan bagi generasi muda Saka Bahari diperlukan suatu keterpaduan dan sinergitas arah dan kebijakan serta rencana kerja, baik pada level pusat maupun level daerah.  Melalui rapat pimpinan inilah diharapkan evaluasi, refleksi serta proyeksi kegiatan pramuka Saka Bahari dapat dirumuskan bersama.


Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi yang mewakili Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso mengucapkan terima kasih kepada Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut selaku Kamabisaka Pramuka Bahari Tingkat Nasional dan seluruh pengurus Majelis Pembimbing Saka Pramuka Bahari Tingkat Nasional, yang telah memberikan bimbingan serta bantuan baik moril maupun materi demi perkembangan Saka Pramuka Bahari.

“Saya juga berterima kasih kepada jajaran Pimpinan Saka Pramuka Bahari Tingkat Nasional, yang dalam setiap kegiatannya selalu berkoordinasi dengan Kwarnas. Saya berharap agar Saka Pramuka Bahari sebagai salah satu Saka yang pertama ada di lingkungan Gerakan Pramuka, dapat terus berkembang dan diminati kaum muda para anggota Gerakan Pramuka. Saka Pramuka Bahari diharapkan juga ikut berperan serta dalam kegiatan-kegiatan nasional salah satunya Jambore Nasional (Jamnas) XI pada 14 s.d. 21 Agustus 2022 di Buperta Cibubur, yang salah satu mata kegiatannya adalah Petualangan Air atau kegiatan perairan," lanjutnya.


Dalam Rapim Saka Bahari Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema, “Melalui Penyelenggaraan Pembinaan Saka Bahari TA. 2022 Kita Wujudkan Semangat Berbakti Tanpa Henti, Cinta Tanah Air dan Bela Negara yang berwawasan Kebangsaan serta Siap Mendukung Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural”, dengan melibatkan 388 peserta (45 personel hadir secara langsung dan peserta dari luar wilayah Jabodetabek melalui vicon 343 pers) terdiri dari Sanggar kerja, Dewan Saka Bahari dan Pinsaka dari Armada 1,2,3, Lantamal  I-XIV, dan Lanal-Lanal, serta Satnonkowil dari Pushidrosal, Kormar dan Kolinlamil.


Rangkaian kegiatan Pramuka Saka Bahari telah dilaksanakan sejak 21 Maret 2022 yang diawali dengan Apel Gabungan yang dilaksanakan secara Tatap Muka dan Vicon oleh sekitar 500 personel Pramuka Saka Bahari binaan Lantamal dan Lanal seluruh Indonesia dibuka Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah. Kegiatan masih akan terus berlangsung hingga 25 Maret 2022 mendatang dengan Pembekalan Materi dan Penyempurnaan Buku Petunjuk Pelaksanaan Saka Bahari. 


Dalam Rapim Saka Bahari Nasional 2022 turut dihadiri, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Waaster Panglima TNI Brigjen TNI I Made Wahyu Santoso, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Kadispotmaral Laksma TNI Suradi Agung, para Aspotmar jajaran TNI AL serta para Pengurus Pinsaka Bahari Tingkat Nasional, Daerah dan Lantamal, serta undangan terkait.