Pramuka Penggalang Payakumbuh Bakal Ikuti Jamnas XI di Buper Cibubur -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pramuka Penggalang Payakumbuh Bakal Ikuti Jamnas XI di Buper Cibubur

Selasa, 22 Maret 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Kabar gembira bagi dunia pendidikan kepanduan Kota Payakumbuh. Pasalnya, sejumlah siswa SMP/MTs dan SD bakal bergabung dalam 2 kontingen pramuka penggalang yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) ke XI tahun 2022. Iven kepanduan nasional lima tahunan ini digelar di bumi perkemahan (buper) Cibubur di Jakarta.


Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda selaku Ketua kwartir cabang 0314/Payakumbuh, Senin (21/03/2022) pagi membenarkan informasi tersebut.


"Benar, Kwarcab 0314/Payakumbuh bakal mengutus 2 kontingen pramuka penggalang untuk Jamnas XI tahun 2022 di Cibubur. Peserta Jamnas XI 2022 berjumlah 8 Putra dan 8 Putri. Karena kondisi covid-19, biasanya 1 kontingen cabang berjumlah 4 regu. Semuanya, sudah kita siapkan,"terang Rida Ananda.


Peserta yang lulus seleksi selama 3 hari tanggal 18 sampai tanggal 20 Maret 2022 :

1. Pangkalan Gudep SMP 1 Payakumbuh 1 Putra dan 4 Putri.
2. Pangkalan MTsN 1 Payakumbuh 2 Putra dan 2 Putri
3. Pangkalan SMP IT Madani 2 Putra
4. Pangkalan SMP 3 Payakumbuh 1 Putra
5. Pangkalan SMP 4 Payakumbuh 1 Putri
6. Pangkalan SMP Raudhatul Jannah 1 Putra
7. Pangkalan SDN 04 Payakumbuh 1 Putra dan 1 Putri


"Selanjutnya bagi peserta yang lulus, selaku Ketua Kwarcab kami mengucapkan selamat bergabung sebagai kontingen cabang Kwarcab 0314 Gerakan Pramuka Kota Payakumbuh, tetap jaga kesehatan sehingga bisa mengikuti TC dengan baik.
Direncanakan kontingen telah berada di Bumi Perkemahan Cibubur tanggal 12 Agustus 2022 untuk mengikuti kegiatan dari tanggal 14 s/d 21 Agustus 2022.


Dijelaskan Rida Ananda, untuk persiapan selanjutnya, kontingen akan menjalani TC dari bulan Maret s/d keberangkatan kontingen tanggal 12 Agustus 2022. Selama TC, kemampuan peserta akan tingkatkan kapasitas, baik dari sisi kemampuan keterampilan kepramukaan dan pencapaian potensi anggota. Peningkatan fisik supaya peserta tidak mudah lelah, pada saat kegiatan. Karena ada 60 paket kegiatan yang akan diikuti oleh peserta. 30 paket keterampilan kepramukaan dan 30 paket Global Development Vilage. Dimana pada paket ini peserta akan mengikuti kegiatan menambah wawasan membahas isu terkini seperti lingkungan hidup, pemanasan global, sosial masyarakat, teknologi tepat guna.


"Pada giat wawasan keterampilan kepramukaan peserta nanti akan mengikuti menambah wawasan peserta seperti survival, memanah, menembak, petualangan air, dll. Pada Giat Jambore Nasional Pramuka, peserta bukan mengikuti lomba tetapi semua peserta disiapakan untuk menambah wawasan kepemimpinan dan peduli terhadap isu isu global, kepekaan sosial sehingga pada tahun 2045 Gerakan Pramuka mencetak Generasi Emas sebagai calon pemimpin masa depan,"beber Rida Ananda.


Apresiasi juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dasril saat dijumpai di ruang kerjanya.


"Kinerja Kepala Sekokah, guru dan pelatih pembinaan bakat dan minat peserta didik di SMP / SD yang Payakumbuh sangat baik, demikian juga di madrasah. Sehingga prestasi siswa silih berganti muncul di pentas Sumbar bahkan nasional termasuk latihan pramuka ini. Selamat buat siswa berprestasi ini, dan terima kasih buat Kepala sekolah, guru dan pelatih yang telah bekerja cerdas dan kreatif. Sekali lagi, selamat,"singkat Dasril.


5 Siswa SMPN 1 Payakumbuh melenggang ke Jamnas XI tahun 2022.


Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya menyebut ada 5 siswanya yang dinyatakan lolos ke Jamnas XI tahun 2022 di Cibubur.


"Alhamdulillah, kita pengutus terbanyak Pramuka Penggalang untuk Jambore Nasional tahun 2022 di Jakarta. Kelima anak Kita adalah :
1. Hasan Fikriy Fadhullah dari kelas 8.3
2. Mifthahul Jannah dari kelas 8.3
3. Najwa Raisah Purwana dari kelas 8.2
4. Alaika Mulki Izzati dari kelas 8.10
5. Athifa Bahiyat Putri dari kelas 7.6


Sebelumnya, Kita lakukan seleksi atau pemilihan intern untuk melihat kecakapan di bidang pramuka, fisik dan pengetahuan pramuka, bisa terlihat dari skhu. Awalnya, kita kirim 7 nama siswa penggalag ke Kwarda provinsi Sumbar. Kwarda dan kwarcab lakukan penyeleksi ketat. Alhamdulillah, lolos 5 pramuka penggalang,"terang Defi Marlitra didampingi pelatih pramuka, Eva Yani, Maskur, Lukman, dan Iman Eri Pandi.


"Kita sudah amati juknis dan juklak Jamnas XI ini. Dan kita siap mensupor sepenuhnya, termasuk perlengkapan ringan yang dibutuhkan anak Kita,"pungkas Defi Marlitra.(Ul)