Sudah Jadi Kebutuhan Penting, Pertambahan Motor di Solsel Meningkat Tiap Tahun -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Sudah Jadi Kebutuhan Penting, Pertambahan Motor di Solsel Meningkat Tiap Tahun

Rabu, 06 April 2022
Pemilik Dedek Motor Balun Alfian, saat melayani pesanan pelanggan.


Solsel, fajarsumbar.com - Jumlah kendaraan roda dua di Kabupaten Solok Selatan, (Sumbar), setiap tahun meningkat, pasalnya  sudah menjadi kehutuhan penting bagi masyarakat dimana saja. 


Bayangkan saja setiap rumah tidak ada yang tidak memiliki kendaraan roda dua, setidaknya satu keluarga itu sekurang kurang kurangnya memiliki satu hingga tiga unit kendaraan roda dua. 


Kenapa tidak, membeli sebuah sepeda motor saat ini sangat mudah, bak ibarat membeli kacang goreng dan beli goreng pisang diwarung, menariknya lagi sejumlah dealer sepeda motorpun berlomba lomba menjual daganganya, ironisnya bisa beli sepeda motor tanpa uang, muka dan anggunan. 


Di Kabupaten Solok Selatan saja hitung hitungan normal saja masyarakat yang membeli kendaraan roda dua itu sudah hampir mencapai 1 juta unit dalam satu tahun berbagai merek, bahkan konsumen itupun bisa membeli gonta ganti beli merek kendaraan disaking mudahnya mendapatkan transportasi roda dua itu. 


Dengan menjamurnya kepemilikan kendaraan roda dua,  sudah barang tentu jasa perbengkelan harus pula ada, dari hasil pantauan Media ini disejumkah daerah di Solok Selatan, keberadaan jasa perbengkelan sudah menjadi trand bagi pegiat usaha dan pemulihan ekonomi. 


Rata rata pemilik jasa perbenglelan roda dua itu didominasi oleh generasi muda melinial dan memiliki keahlian bakat dibidang  perbengkelan, hampir setiap daerah ada bengkel sepeda motor dan jasanyapun ramai dikunjungi pelanganggan. 


Yang lebih menariknya ada sebuah bengkel sepeda motor yang khusus menyediakan jasa berbeda dengan bengkel sepeda motor resmi lainya. 


Sebut saja bengkel sepeda motor Dedek yang belokasi di Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa Tengah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, bengkel ini berdiri sejak tahun 1990 silam bahkan sejak ayahnya masih hidup terkenal dengan bengkel sepeda motor Pak Udik. 


Kini generasi beliau rata rata bula jasa perbengkelan di KPGD dan masih. dicintai pelanggan, karena keramah tamahan, harga damai, hasilnyapun lebih disukai pelanggan. 


Kini usaha perbengkelan itu diambil alih putra pertamanya bernama Al, Al yang sudah lama berkecimpung dijasa itu kini membuka bengkel khsusus untuk Lemer, Bubut, press, press pelet, steel bodi, batang. 


Bahkan satu satunya di Solok Selatan bengkel yang hanya menerima service bubut, lemer, sporing, stel pelet, dengan harga yang terjangkau, ada yang bisa ditunggu, paling lama hanya satu hari saja. 


Demikian pemilik bengkel Dedek Balun Alfian saat diwawancara Media ini dibengkelnya, Rabu (5/4/2022). Alfian yang biasa disapa Al Balun ini memiliki tiga orang tenaga tehniknya. 


Peralatannyang dipakai untuk melakukan pekerjaan cukup memadai, semua dengan peralatan mesin bubutnyang canggih. 


Menurut pria suka senyum itu, bengkel sepeda motor keberadaanya kini mendominasi dihampir setiap daerah, karena jasa perbengkelan sepeda motor sangat dibutuhkan saat ini. 


Untuk jenis roda dua semuanya bisa lemer, bubut, press di tempat kami ini, tidak menunggu lama, dan banyak bengkel bengkel lain yang datang menggunakan jasanya, karena dibengkel lain itu beda jenis pelayananan, " ucap pria berkaca mata itu. (Abg)