Wawako: Peran MUI Ditunggu Umat -->

Adsense Atas-STIE AKBP

Wawako: Peran MUI Ditunggu Umat

Jumat, 29 April 2022
.


Payakumbuh, fajarsumbar.com -- Pengurus MUI Kota Payakumbuh dan anggota MUI Kecamatan se-Kota Payakumbuh menggelar buka puasa bersama, Kamis (28/4/2022). Acara yang bertempat di Pongek Or Situjuah tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Payakumbuh, H Erwin Yunaz SE MM beserta keluarga.


Dalam sambutannya, Erwin menyasar peran MUI yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menurutnya, sejak kepengurusan baru MUI saat ini, banyak program yang mendapat apresiasi dan penilaian positif dari masyarakat. "Maka sinergitas antara umara dan ulama memang harus dijalin dan harus saling mengokohkan. Mari kita bersama-sama membangun umat menjadi masyarakat yang madani, khususnya di Kota Payakumbuh," pesan beliau.


Sekretaris Umum MUI Kota Payakumbuh, Buya H Hannan Putra Lc MA mengamini apa yang disampaikan Erwin. Menurutnya, peran pemerintah yang ia sebut sebagai 'hifzu ad-din' (menjaga agama) adalah peran yang tidak terpisahkan dari tugas yang disandang MUI. "Ketika kita melihat di masa-masa kejayaan Islam zaman dahulu, salah satu rahasia kekuatan peradaban mereka adalah hubungan yang kokoh antara ulama dan umara," papar Buya Hannan.


Dalam rangkaian acara tersebut juga menghadirkan ceramah singkat dari Ustadz H Miftahul Ghani Lc MA yang merupakan da'i muda Kota Payakumbuh. Beliau juga merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Kota Payakumbuh. Acara buka bersama tersebut juga merupakan awal rangkaian dari gelaran i'tikaf Akbar yang diselenggarakan MUI Kota Payakumbuh menyambut malam ke-27 Ramadhan.(Ul)