Desa Tlogorejo Sebagai Kampung Pancasila di Kecamatan Tlogowungu -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Desa Tlogorejo Sebagai Kampung Pancasila di Kecamatan Tlogowungu

m@s
Minggu, 29 Mei 2022
.

Pati, fajarsumbar.com - Kampung Pancasila sebuah tempat yang dibentuk dan didedikasikan untuk menanamkan dan mematrikan kembali nilai-nilai luhur Pancasila. Seiring dengan perkembangan jaman yang pesat serta di era globalisasi, nilai luhur Pancasila lambat laun terkikis. Untuk itulah petinggi Angkatan Darat dalam hal ini Kasad kembali mencanangkan dibentuknya Kampung Pancasila untuk memupuk kembali nilai luhur Pancasila. Minggu (29/5)


Untuk mendukung program tersebut, Koramil 0718-13/Tlogowungu membentuk Kampung Pancasila yang dilaksanakan di Desa Tlogorejo.  Menurut Pj. Batuud Koramil 0718-13/Tlg Serka Agung Ariyanto ditunjuknya Desa Tlogorejo sebagai Kampung Pancasila sesuai dengan koordinasi bersama Kades Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Suharno, SH. Selain itu juga sesuai dengan situasi dan kondisi Desa Tlogorejo yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dan kemasyarakatan.

" Dipilihnya Desa Tlogorejo sebagai salah satu bentuk percontohan Kampung Pancasila dikarenakan masyarakat desa yang aktif dan penuh toleransi dalam berbagai aspek," katanya.


Senada yang dikatakan Pj. Batuud, salah seorang warga Edi Sutrisno yang akrab dipanggil Sarimo Pot yang ikut mendukung kegiatan ini mengatakan bahwa dengan adanya Kampung Pancasila diharapkan warga semakin mengerti akan nilai luhur Pancasila.

" Saya bangga dan mendukung dengan program Kampung Pancasila dengan ikut menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Salah satunya dengan menyiapkan tugu yang ada di depan Koramil," ungkapnya.


Salah seorang tokoh pemuda Karang Taruna Desa Tlogorejo Muhammad Samsul Huda mengatakan dari Karang Taruna sangat mendukung kegiatan ini dengan mengerahkan pemuda untuk melukis dan mengadakan pembersihan serta mengadakan berbagai kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila.

" Salah satu kegiatan pemuda Karang Taruna melukis tembok SDN 3 Tlogorejo yang berada di depan Koramil, juga ikut mempersiapkan kelengkapan pos kamling," ungkap Samsul.


Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu merupakan desa pluralisme terbukti dengan beraneka ragamnya masyarakat dari petani, pegawai, buruh maupun wiraswasta. Adanya pesantren, masjid dan juga gereja semakin menambah beragamnya masyarakat.  Tidak salah kalau Desa Tlogorejo dicanangkan Kampung Pancasila sebagai Simbol Kebhinekaan dan sebagai bentuk nyata dari kehidupan yang berPancasila yang harus dijunjung tinggi dan dilestarikan dalam berbangsa dan bernegara. (m@s)