Ketua Umum PPAL Kedepankan Silaturahmi dan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AL -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Ketua Umum PPAL Kedepankan Silaturahmi dan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AL

m@s
Rabu, 25 Mei 2022

 

.

Jakarta, fajarsumbar.com – Membangun silaturahmi selalu dikedepankan oleh Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam setiap melakukan kegiatan. Melalui silaturahmi, maka yang belum kenal akan saling kenal, terjalin komunikasi, dan timbul interaksi timbalik-balik; sehingga permasalahan bisa dicarikan solusinya secara bersama-sama. Hal tersebut terlihat nyata ketika Ketua Umum PPAL yang didampingi sejumlah Pengurus PPAL melakukan kunjungan kepada Panglima Komando Armada RI, Laksdya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., di Mako Koarmada RI, Jakarta Pusat; dan dilanjutkan kunjungan kepada Ketua Umum DPP PEPABRI Jenderal TNI Purn Agum Gumelar, di Kantor DPP PEPABRI, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).


Panglima Koarmada RI yang didampingi pejabat utamanya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ketua Umum PPAL dan menjelaskan mengenai tugas pokok dan fungsi organisasi baru yang membawahi Koarmada I, II, dan III.

“Kami merasa mendapat kehormatan atas kunjungan langsung Ketua Umum PPAL. Untuk itu kami ucapkan terima kasih,” katanya.


Kepada Panglima Koarmada RI, Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji memperkenalkan diri sebagai Ketua Umum PPAL sejak akhir Desember 2021, memperkenalkan Pengurus PPAL periode 2021 -2024, dan menjelaskan tentang program-program kerja PPAL tiga tahun mendatang. 

“Sowan dan silaturahmi ini sejalan dengan Visi PPAL, yaitu membangun silaturahmi yang harmonis antara Anggota PPAL, purnawirawan TNI, komunitas maritim, dan masyarakat pada umumnya,” jelasnya. Melalui silaturahmi itu pula, permasalahan yang dihadapi para purnawirawan TNI AL diharapkan bisa diatasi sekaligus dicarikan solusinya secara bersama-sama.


Dijelaskan bahwa purnawirawan TNI AL setiap tahun bertambah 2.000 orang yang kini jumlahnya mencapai 56.000 orang. Para purnawirawan tersebut sangat potensial untuk diberdayakan secara bersama, termasuk oleh Komando Armada RI. Melalui pelatihan keterampilan yang nantinya disertifikasikan, para purnawirawan TNI AL akan lebih diakui oleh dunia usaha sehingga mereka segera terserap oleh lapangan kerja. Pada hakikatnya, para purnawirawan tersebut sudah memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing. Yang perlu dilakukan bersama adalah sertifikasi keahlian mereka melalui pelatihan, misalnya pelatihan selam, hidrografi, las bahan air, dan lain-lain. Selain itu juga dilakukan kemitraan koperasi yang berada di bawah Koarmada RI dengan koperasi PPAL yang tersebar di seluruh Indonesia. Jangan sampai para prajurit TNI AL yang baru pensiun, tidak tahu apa yang dilakukan. Karena itu, mereka harus diberdayakan secara positif.


Panglima Koarmada RI sangat menyambut pemikiran dan keinginan Ketua Umum PPAL untuk meningkatkan kesejahteraan purnawirawan TNI AL. Karena, menurut Ketua Umum PPAL kehidupan purnawirawan masih banyak yang memprihatinkan dan bahkan penghasilannya di bawah upah minimum regional (UMR). Demikian pula ketika disampaikan tentang kegiatan olah raga bersama, Laksdya TNI Agung Prasetiawan menyambutnya dengan tangan terbuka.

 “Silakan diadakan olah raga bersama, kami akan dukung. Pelaksanaannya bisa dilakukan di Mako Koarmada I, karena di Mako Koarmada RI halamannya terbatas,” ucapnya. Ia juga menjelaskan beberapa bulan ke depan, Mako Koarmada RI akan menempati Mako Koarmada I yang Makonya bersebelahan. Sedangkan Mako Koarmada I akan pindah ke Tanjung Pinang menempati Mako Lantamal IV/Tanjung Pinang. Mako Lantamal IV/Tanjung Pinang akan menempati Mako Lanal Batam, dan Mako Lanal Batam pindah ke Tanjung Uban. Menanggapi penjelasan tersebut, Ketua Umum PPAL berharap agar Koarmada RI sukses melaksanakan tugas-tugas mulianya," ungkapnya. 


Di Kantor DPP PEPABRI Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji menjelaskan kepada Ketua Umum DPP PEPABRI mengenai jabatan baru yang diembannya sebagai Ketua Umum PPAL periode 2021-2024. Selain itu juga memperkenalkan Pengurus PPAL yang mendampingi kunjungan tersebut, yaitu Sekjen PPAL Laksdya TNI Purn Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Kabid Humas Laksda TNI Purn Franky Kayhatu, Wasekjen Laksda TNI Purn Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., dan Kabid Sosial Laksda TNI Purn M. Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc. Dijelaskan hingga kini masih banyak permasalahan yang dialami oleh purnawirawan TNI AL, diantaranya mengenai gaji, masalah kesehatan, dan perumahan. Untuk itu PPAL sebagai tempat bernaung para purnawirawan TNI AL, sebagai “Rumah Gagasan”, dan sebagai “Rumah Solusi” berusaha memberikan bantuan di antaranya berkaitan dengan PT Asabri dan BPJS. Karena itu, Ketua Umum PPAL mohon kepada Ketua Umum DPP PEPABRI untuk bersama-sama PEPABRI, PPAD, PPAU, dan PP Polri menyuarakan kesulitan yang dialami oleh para purnawirawan. Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum DPP Pepabri menyampaikan ucapan selamat atas jabatan yang diemban Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, menyambut baik dan akan berusaha untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para purnawirawan TNI maupun Polri. 

“Memang, banyak hal yang perlu kita koordinasikan untuk membantu para purnawirawan,” kata Jenderal TNI Purn Agum Gumelar yang didampingi Wakil Ketua Umum DPP Pepabri Laksamana TNI Purn Achmad Sutjipto dan Pengurus DPP PEPABRI lainnya. (PPAL)