Misi Petani dan Peternak Milenial Sawahlunto Tingkatkan Ekonomi Kreatif -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Misi Petani dan Peternak Milenial Sawahlunto Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Senin, 30 Mei 2022
.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Sejumlah petani dan peternak milenial Kota Sawahlunto, Sumatera Barat berkumpul membahas mengenai solusi pakan alternatif, strategi pemasaran dari hulu hingga hilir guna meningkatkan ekonomi kreatif bertempat di peternakan bebek Bambang Eryadi Desa Santur, Kecamatan Barangin, Senin 30 Mei 2022.


Saat diskusi tadi, sejumlah anak muda kreatif ini, ada yang memelihara bebek, ayam dan puyuh. Semuanya sepakat mencari solusi pakan alternatif guna menekan angka produksi dikarenakan pakan niaga yang tersedia dipasaran selalu merangkak naik. Sedangkan, harga pasaran dari hasil ternak tidak sebanding dengan angka produksi sehingga banyak peternakan di Sawahlunto merugi hingga gulung tikar. 


Di strategi pemasaran, juga menjadi acuan kedepannya agar petani dan peternak dapat bertahan dalam gempuran kartel pakan maupun calo pemasaran yang senantiasa memainkan harga selisih untuk mendapatkan keuntungan besar tanpa menghiraukan resiko yang dihadapi oleh para petani maupun peternak. 


Disinilah peran serta pemerintah dan wakil rakyat untuk mencarikan solusi bagi petani dan peternak milenial yang mau berusaha membuka lapangan kerja dan mandiri dalam menciptakan perekonomian kreatif di Kota Sawahlunto ini. 


Dari segi pertanian, bahan baku pembuatan pakan seperti jagung juga dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong maupun lahan bekas tambang. Selain itu, kotoran ternak juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk sehingga dapat menekan angka produksi. 


Dari hasil diskusi tadi, sekumpulan anak muda kreatif sepakat dan berupaya menjadikan Sawahlunto sebagai sentra produksi pertanian dan peternakan hingga perkebunan mengingat Sawahlunto adalah kota yang berada ditengah hutan jika dilihat melalui citra satelit. (ton)