Bertema Bhinneka Tunggal Ika, Lukisan Dinding Menjadikan Lingkungan Lebih Berwarna -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Bertema Bhinneka Tunggal Ika, Lukisan Dinding Menjadikan Lingkungan Lebih Berwarna

m@s
Rabu, 01 Juni 2022
.

Pati, fajarsumbar.com - Memanfaatkan momentum Kampung Pancasila, warga Kelurahan Pati Wetan dan pelajar melukis mural di dinding jalan masuk ke pemukiman. Melukis mural yang diprakarsai oleh Koramil 0718-01/Pati digelar pagi hari ini. Rabu (1/6)


Tampak beberapa siswa dari berbagai SMA dan SMK yang berada di Pati turut andil dalam melukis. Lukisan bertemakan Bhineka Tunggal Ika dipilih untuk mengingatkan nilai-nilai luhur Pancasila yang saat ini terasa terdegradasi. Pancasila merupakan dasar negara yang wajib dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari.


Komandan Koramil 0718-01/Pati Kapten Inf Suyani yang didampingi Babinsa Kelurahan Pati Wetan Sertu Suharsono turun langsung memberikan semangat kepada para pelajar dan karang taruna yang menuangkan kreatifitasnya di dinding jalan masuk tepatnya di Kampung Getaan, Kelurahan Pati Wetan, Kecamatan Pati. Dalam kesempatan tersebut Danramil mengatakan kegiatan melukis mural ini dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila di Kelurahan Pati Wetan. Agar kegiatan sesuai yang diharapkan Koramil 01/Pati bersama pihak Kelurahan Pati Wetan mengajak siswa untuk ikut berperan serta.

“ Hal ini dimaksudkan agar wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila Kembali bergelora dan menjadikan semangat para adik-adik generasi muda, salah satunya dengan melukis dengan tema Bhineka Tunggal Ika ini,” Ungkap Danramil.


Selain itu dengan adanya lukisan mural ini warga masyarakat yang melintas di jalan tersebut kembali tergugah bahwa semangat Bhineka Tunggal Ika tetap relevan di era globalisasi ini. Semangat yang dimotori oleh para pendahulu pendiri bangsa, semangat saling toleransi, tolong menolong yang sudah menjadi tradisi Bangsa Indonesia sejak dulu.


Dengan kreativitas masing-masing para siswa dari SMAN 1 Pati, SMAN 2 Pati, SMKN 1 Pati, SMKN 3 Pati, SMKN 4 Pati, SMK Bani Muslim dan para pemuda Karang Taruna tampak berbaur saling mencurahkan ide kreatifitas mereka masing-masing.

“ Melukis ini tidak dilombakan, akan tetapi sebagai ajang menggelar kreatifitas dan bakat para siswa dalam menjaga nilai luhur Pancasila,” Tambah Danramil.


Menurut Ketua RT 03/03 Sunarto yang didampingi Ketua RT 05/03 Luluk serta Karang Taruna Pati Wetan Chiko, sangat mendukung kegiatan ini. Selain sebagai pengingat nilai-nilai Pancasila, melukis di dinding ini juga menambah asri jalan menuju ke perumahan warga.

“ Kalau kemarin dinding hanya polos berwarna putih saja, saat ini tampak jauh sekali perbedaannya, walaupun lukisan ini belum selesai sepenuhnya akan tetapi sudah nampak perubahan dinding di gang ini,” ungkapnya.


Memang sampai saat ini lukisan dinding belum selesai seluruhnya, masih perlu waktu untuk menyelesaikan agar lingkungan semakin nampak asri dan bersih dengan ornamen lukisan bertemakan Bhineka Tunggal Ika. (m@s)