Kloter Pertama Haji, 5 Embarkasi Berangkat ke Arab Saudi -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kloter Pertama Haji, 5 Embarkasi Berangkat ke Arab Saudi

Sabtu, 04 Juni 2022

 

Jemaah haji berangkat (

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah melepas keberangkatan 393 jemaah haji untuk berangkat ke bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Jakarta Barat. Keberangkatan para jemaah haji ada lima kloter. 


Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag, Hilman Latief menyerahkan bendera merah putih secara simbolik kepada ketua kloter pertama jemaah haji asal DKI Jakarta sebagai awal penanda keberangkatan. Kegiatan prosesi ini juga mendokumentasikan perwakilan jemaah haji lainnya setelah diresmikan pelepasan tersebut, sebagaimana dikutip iNews.id.


Hilman Latif menyampaikan pelesan keberangkatan yang pertama ini hanya melibatkan jemaah haji asal DKI Jakarta, yang didominasi oleh jemaah asal Jakarta Selatan. Namun keberangkatan pada 4 Juni 2022 kali ini tidak hanya melibatkan jemaah haji asal Embarkasi Pondok Gede, Jakarta Timur saja. 


"Yang berangkat pada tanggal 4 Juni ini yaitu dari embarkasi Padang, Bekasi, Pondok Gede, Solo dan Surabaya," kata Hilman kepada wartawan, Sabtu (5/6/2022). 


Selain melepas para jemaah, Hilman menyampaikan para jamaah haji ini sudah dapat dipastikan steril dan bersih secara kesehatan. Dia menegaskan semua jamaah lengkap dosis vaksin dan kondisi kesehatannya sudah dapat dipastikan aman. 


"Vaksin jamaah haji kita sudah lengkap, sudah tes PCR yang wajib. Minimal mereka juga sudah vaksin dua kali, bahkan vaksin meningitis. Harapannya jamaah haji kita sudah memenuhi syarat tinggal penerapan kesehatannya saja," katanya. 


Setelah prosesi simbolik pelepasan, para jemaah haji mulai menempati barisan tiap rombongannya guna berangkat menuju bandara Soekarno Hatta untuk menaiki pesawat maskapai Garuda Indonesia. Berdasarkan informasi yang tersampaikan, Menteri Agama, Yqut Choulil Qoumas akan melepas keberangkatan jemaah haji di bandara tersebut.  (*)