Pengelolaan Arsip Berat Apabila Memandangnya Tidak Berguna -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Pengelolaan Arsip Berat Apabila Memandangnya Tidak Berguna

Selasa, 14 Juni 2022

.


Agam -  Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan bagi OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam yang digelar 14 dan 15 Juni 2022, di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.


Kegiatan yang diikuti 92 orang yang terdiri dari pengelola kearsipan dari seluruh OPD se-Kabupaten Agam itu dibuka resmi Sekretaris Daerah Edi Busti, Senin (14/6) pagi. Turut mendampingi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Roza Linda.


Sekda Agam Edi Busti menyambut baik pelaksanaan bimbingan teknis petugas pengelola arsip. Karena dengan Bimtek diharapkan akan menambah pengetahuan tentang pengelolaan kearsipan, meningkatkan pemahaman Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan serta meningkatkan penyelenggaraan kearsipan OPD yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan nasional.


Oleh sebab itu, ia mengimbau seluruh OPD agar memberikan perhatian serius dalam pengelolaan, pemeliharaan dan penyelamatan arsip.


“Pengelolaan arsip merupakan pekerjaan mudah dan enak dilakukan ketika kita paham tata cara kerjanya. Namun, akan berat apabila kita memandang hal itu tidak berguna,” pesan sekda.


Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Roza Linda, mengatakan tujuan dari kegiatan ini guna memberikan pemahaman akan pentingnya penyelamatan arsip, mengelola arsip yang semula bisu, usang dan tidak teratur menjadi informasi yang segar, hidup dan bahkan bisa memunculkan pemahaman yang semula belum terungkap secara jelas.


“Untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat akan pentingnya arsip untuk bahan penelitian, sumber informasi, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan menyelamatkan arsip Kabupaten Agam,” ujarnya. (*/yanto)