Ada Longsor dan Pohon Tumbang, Jalan Nasional Kerinci-Tapan Sumbar Sempat Lumpuh -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Ada Longsor dan Pohon Tumbang, Jalan Nasional Kerinci-Tapan Sumbar Sempat Lumpuh

Sabtu, 16 Juli 2022

 

Longsor di jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Kerinci, Jambi menuju Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. 

KERINCI  - Pohon tumbang dan longsor usai hujan lebat menerjang jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten KerinciJambi menuju Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Akibatnya, akses lalu lintas di lokasi sempat lumpuh. 


Informasi diperoleh, ratusan kendaraan roda dua maupun roda empat dari Jambi maupun Sumbar terjebak macet hingga belasan kilometer, sebagaimana dikutip iNews.id.


Longsor terjadi pada empat titik mulai dari KM 25 hingga perbatasan Jambi-Sumbar. Pemicunya hujan lebat sejak Kamis (14/7/2022) malam hingga Jumat (15/7/2022). 


Atas kejadian tersebut, petugas yang mendapat informasi bergerak cepat sigap sehingga arus kendaraan bisa dilalui kembali.


"Alhamdulillah, saat ini sudah bisa dilewati kembali. Tadi juga sudah menghubungi pihak Balai Jalan Nasional, mereka sudah menurunkan alat ke lokasi," ujar Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Merangin Abdul Gani, Jumat (15/7/2022).


Dia menambahkan, jika saat ini kendaraan roda dua maupun roda empat sudah bisa melalui. Petugas dibantu warga setempat sedang membersihkan kayu di pinggir jalan akibat pohon tumbang yang menutup badan jalan tersebut.


Terpisah, hal senada diungkapkan Kabag Ops Polres Kerinci Kompol Pinem. Dia menyampaikan jika saat ini jalan tersebut sudah aman dilalui.


"Sudah aman dan sudah bisa lalui, longsor itu ada empat titik dimulai dari KM 25 hingga perbatasan Jambi-Sumbar," katanya.


Dia juga menghimbau agar pengguna jalan yang melintasi daerah rawan longsor untuk berhati-hati.


"Saya harap pengguna jalan bisa melihat situasi. Kalau bisa jangan melintas saat malam dan sedang hujan karena daerah tersebut sangat rawan longsor," ucapnya. (*)