Diduga Membawa Minuman Keras Illegal, Kapal Penumpang Diperiksa Koarmada -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Diduga Membawa Minuman Keras Illegal, Kapal Penumpang Diperiksa Koarmada

m@s
Selasa, 26 Juli 2022
.


Ternate, fajarsumbar.com -  Unsur Gelar Koarmada III, KRI Layaran-854 yang dikomandani Mayor Laut (P) Mario Marco Wainarisi, yang sedang melaksanakan Operasi Cenderawasih Jaya  telah memeriksa KMP Sinabung di Perairan Ternate karena diduga  membawa minuman keras Cap Tikus. Senin (25/07/22).


Kapal tersebut sebelumnya berlayar dari Bitung menuju Ternate, dan didapat informasi adanya muatan minuman keras Cap Tikus didalam muatan kapal tersebut, kemudian saat itu  unsur gelar terdekat Koarmada III yaitu  KRI Layaran-854 segera melaksanakan pengecekan.


Selanjutnya  KRI Layaran-854 mendeteksi kontak radar pada jarak 5 Nm, dan melalui pengamatan visual dan komunikasi melalui radio VHF FM  diidentifikasi sebagai KMP Sinabung.


Setelah itu KRI Layaran-854 melaksanakan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan dilanjutkan Peran Sekoci, dimana Tim Pemeriksa bergerak dari KRI Layaran-854 dengan menggunakan sekoci RHIB menuju KM Sinabung.


Lebih lanjut Tim Pemeriksa onboard di KM Sinabung dan melaksanakan koordinasi dengan Nahkoda KM Sinabung serta melaksanakan pengecekan di deck 3 dan deck 4 buritan serta deck 4 haluan.


Akhirnya Tim pemeriksa menemukan 3 (Tiga) paket Cap Tikus kurang lebih 120 liter yang terbungkus di dalam karung yang disamarkan  buah Wortel di Deck 4 Hall E. Namun pemilik minuman keras tersebut tidak dapat diketahui dan ditangkap karena kemungkinan menghindar ketika ada pemeriksaan dari KRI Layaran-854.


Lebih lanjut Paket Minuman Keras Cap Tikus diturunkan ke Dermaga Umum Ahmad Yani Ternate dan diserah terimakan dari KRI Layaran-854  ke Lanal Ternate untuk proses lebih lanjut, setelah Nahkoda KM Sinabung menyerahkan Berita Acara  Barang keluar dari KM Sinabung berupa 3 (Tiga)  paket Minuman Keras Cap Tikus.


Setelah proses serah terima Barang Bukti KM Sinabung, melanjutkan pelayaran menuju pelabuhan selanjutnya. (Koarmada III)