Kuatkan Diplomasi Militer, Staff Talks TNI AL bersama US 7th Fleet dan US Marine Force Pasific -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Kuatkan Diplomasi Militer, Staff Talks TNI AL bersama US 7th Fleet dan US Marine Force Pasific

m@s
Kamis, 28 Juli 2022
.

Jakarta, fajarsumbar.com -  Dalam rangka penguatan diplomasi Militer dan diplomasi TNI Angkatan Laut (TNI AL), delegasi TNI AL dipimpin Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) didampingi  Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dan Kadisbintalal Brigjen TNI (Mar) Sandy Muchjidin Latief, S. Ip, kembali melaksanakan  pertemuan Staff Talks dengan delegasi US Navy Seventh Fleet dan US Marine Force Pasific (MARFORPAC) dibawah pimpinan Commander Seventh Fleet Vice Admiral Karl Thomas secara langsung pada Selasa dan Rabu (26-27/7) bertempat di Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta. 


Kegiatan Staff Talks ke-5 ini merupakan wujud nyata peran Diplomasi TNI AL dalam memperkuat hubungan kerja sama dan sarana berbagi informasi terkait rencana kerjasama kedua angkatan laut yang dikemas dalam sebuah forum Diskusi/Working group. 


Dalam forum diskusi tersebut kedua negara sepakat untuk memperluas hubungan kerja sama. Hal ini tentunya dihadapkan dengan dinamika lingkungan strategis yang selalu berimplikasi terhadap persepsi ancaman. 


Dalam rangkaian kegiatan Staff Talks ke-5 tersebut, Vice Admiral Karl Thomas juga berkesempatan melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut, (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, membicarakan rencana kerja sama yang akan dilakukan Angkatan Laut Amerika Serikat dalam mengadapi masalah keamanan maritim dan stabilitas regional yang memungkinkan berdampak pada stabilitas global. 


Kasal menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Vice Admiral Karl Thomas ke Jakarta dan sangat mengapresiasi hubungan yang terjalin selama ini sebagai mitra strategis di bidang pertahanan kemaritiman dan menjadi negara yang konsisten dalam menjaga stabilitas kawasan. 


Kegiatan Navy Talks ini merupakan wujud nyata implementasi peran TNI AL dalam bidang Diplomasi yang sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan selaras dengan arahan dan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam meningkatkan dan penguatan Diplomasi TNI AL. (Dispenal)