Pemkab Agam Tidak Lengah Dalam Penanganan Bencana -->

Pemkab Agam Tidak Lengah Dalam Penanganan Bencana

Selasa, 19 Juli 2022

 


Lubuk Basung, fajarsumbar. com - Pemkab Agam langsung tangani bencana di dua titik di Kecamatan Ampek Nagari, yaitu jalan Alahan Siriah Nagari Batu Kambiang dan Jalan Padang Malalak Nagari Bawan.


Menanggapi amblasnya jalan disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan terakhir, pihak BPBD Agam  sudah lakukan penanggulangan.


Ditemui pada Selasa (19/7), Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam, Bambang Warsito, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa perbaikan jalan di Kecamatan Ampek Nagari yang disebabkan oleh bencana alam tersebut sudah diproses. Dana yang digunakan berasal dari dana Bantuan Tak Teduga (BTT) dan sudah disetujui oleh Bupati Agam.


“Jalan Alahan Siriah Nagari Batu Kambiang saat ini sudah diproses dalam segi anggaran maupun segi teknis. BPBD berkoordinasi dengan tim teknis dari Dinas PUPR dalam upaya percepatan perbaikan jalan yang rusak di Ampek Nagari dan segera dilakukan pengerjaannya.” Jelas Bambang.


Sedangkan untuk Jalan Padang Malalak Nagari Bawan sudah seringkali amblas akibat tanah longsor dan sudah dilakukan penanggulangan. Namun kembali terjadi tanah longsor pada 17 Juni lalu dan saat ini sedang diproses perbaikannya. Salah satu upaya perbaikan yaitu pipa PDAM yang terputus sedang ditindak lanjuti oleh pihak PDAM.


Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti, S.STP, M.Sc menjelaskan bahwa perbaikan Jalan Padang Malalak Nagari Bawan sudah diupayakan, namun masih terkendala pada kesepakatan dengan pemilik lahan. “Tokoh-tokoh masyarakat setempat sudah turut serta menyelesaikan, namun terkendala kesepakatan dengan pemilik lahan.” Jelasnya.


Pemkab Agam mulai mengerjakan perbaikan Jalan Alahan Siriah Nagari Batu pada Minggu ini, untuk relokasi jalan Padang Malalak di Nagari Bawan akan dilakukan percepatan penyelesaian lahan.(Yanto)