PLN Bangun Bank Sampah di Sijantang Sawahlunto -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

PLN Bangun Bank Sampah di Sijantang Sawahlunto

Minggu, 31 Juli 2022
Manager PT PLN (Persero) UPK Ombilin Shodiqin memberikan bantuan Bank Sampah secara simbolis kepada Kepala Desa Sijantang Koto, Rendi Setiawan didampingi Ketua TJSL PLN UPK Ombilin, Elfita Burnama dan staf.


Sawahlunto, fajarsumbar.com - PLN terus melakukan terobosan dalam memberikan kontribusi dan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (Corporate Social Responsibility/CSR) memberikan bantuan berupa Program Bank Sampah di wilayah ring 1 PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan Ombilin yang berlokasi di Desa Sijantang Koto, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.


Penyerahan bantuan tersebut langsung diberikan oleh Manager PT PLN (Persero) UPK Ombilin, Shodiqin yang berlokasi di Ruang Rapat Administrasi didampingi oleh Ketua TJSL PLN UPK Ombilin, Elfita Burnama.


PLN Peduli memberikan bantuan sebesar RP 120 juta untuk Bank Sampah Sijantang berupa gudang pengolahan sampah, motor pengangkut sampah dan pra sarana pendukung tempat pengolahan sampah.


Manager PLN UPK Ombilin, Shodiqin menyampaikan bahwa sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap menjaga lingkungan, PLN memberikan support berupa bantuan program Bank sampah untuk Desa Sijantang Koto agar kedepannya masyarakat lebih aktif dalam menjaga lingkungan.


“Dengan program ini, PLN mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan bersih tanpa sampah yang berserakan, lingkungan tetap sehat, tetap terjaga asri. Semoga bantuan-bantuan ini bisa dimanfaatkan dan dijaga baik oleh warga serta menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya mengolah sampah,” ujar Shodiqin.


Foto bersama


Kepala Desa Sijantang Koto, Rendi Setiawan juga mengucapkan terima kasihnya kepada PT PLN (Persero) UPK Ombilin.


“Atas nama pemerintahan Desa Sijantang Koto kami mengucapkan terima sebesar-besarnya kepada PT PLN (Persero) UPK Ombilin yang telah memberikan bantuan kepada Desa Sijantang Koto dalam Prgram CSR mudah-mudahan PT PLN ( Persero) kedepannya lebih baik lagi dan bisa bekerjasama dengan masyarakat desa sijantang Koto dalam memperbaiki dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Rendi.


Tak lupa juga Ketua Kelompok Bank Sampah Sijantang, Muhammad Iqbal , mengucapkan terima kasihnya kepada PT PLN (Persero) UPK Ombilin.


"Saya sebagai perwakilan dari kelompok Bank sampah mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah memberikan kepercayaan kepada kami atas bantuan yang telah diberikan, semoga dengan adanya bank sampah ini dapat memberdayakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengolahan sampah menjadi nilai ekonomi," ucap Iqbal.


Untuk tahap awal ini bank sampah Sijantang hanya mampu untuk menampung sampah nonorganik seperti botol bekas, kertas, besi-besi dan lain-lain dari warga. Setiap sampah yang dikumpulkan akan dibeli, uangnya dapat ditabung di Lembaga BumDes Sijantang  dan dapat dipergunakan sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan. Untuk kedepannya Bank Sampah Sijantang akan selalu berupaya untuk bisa mengolah sendiri sampah dari masyarakat baik itu organic yang nantinya bisa diolah menjadi pupuk maupun nonorganik yang dapat meningkatkan harga jual. (Adv)