TNI AL Juara 2 Lomba Renang Putri Rimpac 2022 di Amerika -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

TNI AL Juara 2 Lomba Renang Putri Rimpac 2022 di Amerika

m@s
Selasa, 12 Juli 2022
.


Jakarta, fajarsumbar.com — Atlit renang putri Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) Letda Laut (S/W) Salma Amalia Zakaria berhasil meraih juara kedua pada lomba renang Rimpac Sport Event yang diadakan di Joint Base Pearl Harbour-Hickam (JBPHH), Hawaii, Amerika Serikat (AS) pada baru-baru ini.


Lomba yang dilaksanakan di Scott Pool JBPHH ini berlangsung ketat dengan tiap-tiap peserta berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya. Letda Laut (S/W) Salma berhasil meraih juara kedua pada kategori 50 meter female backstroke dengan catatan waktu 35 detik. Sedangkan juara pertama pada kategori tersebut diraih oleh personel dari USS Chafee Sersan Gracie dengan catatan waktu 32 detik. Sementara itu untuk kategori female freestyle Letda Laut (S/W) Salma berada pada urutan keenam dengan catatan waktu 32 detik. Sementara itu, di cabang renang man freestyle 50 meter, atlit putra Satgas, Pratu Mar Rully Setiawan harus puas berada diurutan keenam dengan catatan waktu 28 detik. 


Pada hari yang sama personel Satgas juga mengikuti lomba lari 5K yang digelar di JBPHH. Pada lomba lari ini personel Satgas menempati urutan ke-33 dan ke-54 dari total 547 orang peserta. Sedangkan pada hari sebelumnya telah dilaksanakan pula lomba strong arm contest oleh personel Satgas yang menempati urutan ke-19 dengan catatan jumlah pull up 24 kali dan endurance hold time 3 menit 40 detik.


Atas prestasi ini Komandan Satgas (Dansatgas) Latma Rimpac yang juga Komandan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan mengucapkan selamat dan terima kasih atas dedikasi para atlit Satgas yang telah berjuang dengan susah payah untuk mengikuti lomba.


Pertandingan berbagai cabang olahraga ini juga menjadi salah satu program yang dilaksanakan dalam Latma Rimpac 2022. Sebanyak 26 negara, 38 kapal perang, empat kapal selam, lebih dari 170 pesawat tempur dan kurang lebih 25.000 personel dari berbagai negara berpartisipasi pada latihan yang dilaksanakan mulai 29 Juni sampai 4 Agustus 2022 di Kepulauan Hawaii dan Selatan California.


Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac merupakan salah satu program antara TNI AL dengan U.S. Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Pada seri latihan Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan 35 prajurit Marinir. (Dispenal)