Besok Malam Timnas U-16 vs Singapura, Skuad Garuda Muda tak Boleh Lengah -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Besok Malam Timnas U-16 vs Singapura, Skuad Garuda Muda tak Boleh Lengah

Selasa, 02 Agustus 2022
Pemain Timnas U-16 Piala AFF U-16.


Jakarta - Timnas Indonesia U-16 harus pesta gol dalam pertandingan kedua Piala AFF U-16 2022 saat melawan Singapura di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada Rabu (3/8) malam.


Pada pertandingan pembuka melawan Filipina, Timnas U-16 menang dengan skor 2-0. Ini kemenangan penting, tetapi cukup disayangkan karena banyak peluang yang terbuang karena pemain kurang tenang.


Sebelumnya di Stadion Sultan Agung, Bantul, Vietnam unggul 5-1 atas Singapura. Ini membuat The Young Golden Dragon untuk sementara memuncaki klasemen sementara Grup A karena unggul produktivitas gol.


Pesta gol atas Singapura cukup krusial untuk kelolosan tim asuhan Bima Sakti Tukiman ini. Dengan banyak gol, setidaknya posisi puncak klasemen bisa diamankan jika nantinya bermain imbang dengan Vietnam.


Dikutip cnnindonesia.com, Timnas U-16 akan bentrok dengan Vietnam pada Sabtu (6/8). Dengan fakta Vietnam bisa mengalahkan Singapura dan Indonesia menang atas Filipina, kemungkinan besar kedua tim juga menang pada pertandingan kedua.


Jika skema ini yang terjadi, otomatis pertandingan ketiga akan menentukan klasemen akhir. Berkaca dari pertandingan Timnas Indonesia, U-23, dan U-19, ada potensi Timnas U-16 juga ditahan Vietnam.


Bila hasilnya imbang, produktivitas gol akan menjadi penentu juara grup. Karenanya duel melawan Singapura menjadi sangat krusial untuk mengumpulkan modal sebelum pertandingan terakhir grup.


Seandainya nanti hasil laga melawan Vietnam juga imbang dan Timnas U-16 menjadi runner up Grup A, produktivitas gol akan sangat menentukan kelolosan ke semifinal. Pasalnya hanya satu runner up terbaik yang lolos.


Dalam artian poin dan jumlah gol dari runner up Grup A akan dibandingkan dengan poin dan jumlah gol peringkat kedua Grup B dan C. Itu mengapa mencari banyak gol pada babak grup akan memberikan dampak positif.


Selain itu kemenangan besar atas Singapura bisa menjadi modal melawan Vietnam. Berkaca dari laga pertama, anak-anak Timnas U-16 masih grogi dan ingin buru-buru menyelesaikan setiap peluang yang tercipta.


Ditambah lagi jumlah penonton melawan Vietnam berpotensi didatangi penonton lebih banyak. Jika tak bisa memetik kepercayaan diri dari pertandingan melawan Singapura, tekanan saat melawan Vietnam akan lebih besar. (*)