HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan Geliat Pembangunan di Pemkab Lima Puluh Kota -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan Geliat Pembangunan di Pemkab Lima Puluh Kota

Kamis, 18 Agustus 2022
Pelaksanaan upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 di Kabupaten Lima Puluh Kota




Limapuluh Kota
-  Merdeka, Merdeka, Merdeka. Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 77 kemerdekaan negara Republik Indonesia tahun 2022 berbagai kegiatan nasionalis dilaksanakan di segala lini warga di Pemkab Lima Puluh Kota. Setiap kampung, Nagari dan kecamatan terpasang umbul-umbul dan bendera merah putih sejak 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022, nantinya. Termasuk di jajaran pemerintahan daerah kabupaten Lima Puluh Kota.

 


Puncak kegiatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 di Pemkab Lima Puluh Kota terlihat pada pelaksanaan Upacara Bendera yang dipusatkan Lapangan Utama Komplek Gelanggang Olahraga Singa Harau, Sarilamak, Harau, Rabu (17/08/2022).

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Limapuluh Safaruddin Dt Bandaro Rajo. Sedangkan Komandan Upacara Ipda Robi Andrisno. Upacara Peringatan Hari Proklamasi diisi sejumlah agenda upacara, diantaranya mengheningkan cipta, pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra. Bertugas membacakan doa Kakankemenag Irwan.

 

Sementara  prosesi pengibaran Bendera Merah Putih dimulai pukul 08.00 WIB oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Limapuluh Kota. Barisan Paskibraka terdiri atas pelajar SLTA dan personel TNI memasuki lapangan upacara dari arah pintu Selatan GOR Singa Harau. Chykita Anaya siswi SMAN 1 Suliki terpilih menjadi Pembawa Baki bendera Merah Putih, sedangkan Arya Maulana Putra siswa SMA Negeri 1 Suliki didapuk menjadi Komandan Peleton.

 

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di GOR Singa Harau diikuti oleh sejumlah instansi, TNI, Polri, mahasiswa dan pelajar se-Kabupaten Limapuluh Kota. Turut mendampingi Bupati Safaruddin di panggung kehormatan Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh Suwarsono, Sekretaris Daerah Widya Putra, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati Adek Nurhadi, Kepala Pengadilan Agama Tanjung Pati Alfiza, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin serta pimpinan instansi vertikal, Para Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Lima Puluh Kota. Mahasiswa dan pelajar se-Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Ditemui seusai upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Bupati Safaruddin memaparkan jika Kemerdekaan RI adalah hasil perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan segalanya. Untuk mengingat hal itu dilaksanakanrangkaian kegiatan bernuansa kenegaraan, mulai sarasehan kebangsaan, Pengukuhan Paskibraka, Renungan Suci, Tabur Bunga hingga pelaksanaan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih. Selanjutnya, Bupati Safaruddin mengajak  masyarakat terutama generasi muda secara bersama-sama meningkatkan ilmu pengetahuan dalam mengisi kemerdekaan.

 

"Karena kemerdekaan yang diperjuangkan oleh pahlawan bangsa merupakan perjuangan yang sangat luar biasa, maka dari itu, mari gali potensi diri, dan tingkatkan ilmu pengetahuan dalam mengisi kemerdekaan sehingga kita bisa memaksimalkan potensi sumber daya alam yang melimpah guna kesejahteraan bangsa Indonesia", harap Bupati Safaruddin.

 

Pada bagian lain penyampaiannya, Bupati mengajak seluruh elemen untuk bersatu padu meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam bidang apapun sehingga dapat Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

 

Senada dengan Bupati Safaruddin, Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra menginginkan generasi muda untuk giat berkreasi dan berinovasi. "Kami mengajak generasi muda di Limapuluh Kota untuk semangat belajar dan mari tingkatkan kemampuan diri demi masa depan pribadi maupun masa depan Lima Puluh Kota yang lebih baik kedepannya", harap Deni Asra.

 

Bupati Safaruddin serahkan remisi kepada WBP LPKA Tanjung Pati


Usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 77, Bupati Safaruddin bersama Kepala LPKA Tanjung Pati, Mubasirudin menyerahkan remisi 1 hingga 5 bulan kepada 50 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LPKA memperoleh pemotongan masa tahanan (remisi) antara 1 sampai dengan 5 bulan, secara simbolis di Gedung Serba Guna LPKA Tanjung Pati, Rabu (17/08/2022). Ikut mendampingi Bupati Safaruddin pada penyerahan SK Remisi, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, Sekretaris Daerah Widya Putra, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Kepala Pengadilan Negeri Tanjung Pati Adek Nurhadi, Kepala Pengadilan Agama Tanjung Pati Alfiza, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin,  Kepala Diskominfo Eki H. Purnama, dan Kepala Dinas Parpora Desri.

 

Bupati Safaruddin menyatakan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mendukung penuh upaya LPKA Tanjung Pati dalam membina WBP. Dukungan tersebut ditujukkan dengan keterlibatan Dinas Pendidikan dalam memberikan materi pelajaran terhadap Warga LPKA maupun Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Limapuluh Kota yang terlibat dalam pendampingan terhadap anak.

 

Sementara itu Kepala LPKA Tanjung Pati Mubasirudin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran langsung Forkopimda yang dapat memotivasi WBP dalam menjalani pembinaan. Lebih jauh, Mubasirudin dalam laporan menyampaikan saat ini jumlah WBP Sebanyak 69 orang yang terdiri dari 59 orang anak didik dan 10 orang Wanita.

 

Seterusnya, Mubasirudin menyampaikan LPKA Tanjung Pati mengusulkan 50 orang WBP diberikan remisi dan seluruhnya disetujui oleh Kemenkumham dengan besaran remisi 1 hingga 5 bulan, sesuai syarat yang ditentukan, dan mesti dipenuhi WBP", urai Mubasirudin.

 

Untuk upacara penurunan Bendera Merah Putih sore hari bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri. Paskibraka yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih di pagi hari kembali bertugas menurunkan Sang Saka Merah Putih dari tiang utama GOR Singa Harau. Tepat pukul 18.00 WIB, Bendera Merah Putih diturunkan dari tiang utama diiringi lagu Indonesia Raya, yang selanjutnya diserahkan ke Inspektur Upacara Wabup Rizki Kurniawan Nakasri. Turut hadir pada  Upacara Penurunan Bendera, Forkopimda, pejabat TNI/ Polri, pimpinan instansi vertikal dan kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Limapuluh Kota.

 

Foto bersama usai pengukuhan Paskibraka 


Kukuhkan Paskibraka, Bupati Puji Faiz

Sebelumnya pada Senin (15/08/2022) Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengukuhkan 28 personil sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak pada Senin (15/08/2022). Pengukuhan berlangsung khidmat ditandai dengan penyematan merah putih dan pemasangan candid oleh Bupati selaku pembina upacara yang disaksikan oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, dan tamu undangan, serta kepala sekolah dan para orang tua.

 

Kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa inti kesuksesan upacara salah satunya terletak pada pasukan pengibar bendera pusaka. Bupati Safaruddin meminta paskibraka untuk mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin masa depan.

 

"Karena masa depan yang kita harapkan akan tampil menjadi negara maju," ujar Bupati. Paskibraka Lima Puluh Kota yang terdiri dari 15 putra dan 13 putri akan bertugas pada upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022 mendatang di GOR Singa Harau.

 

Tak pelak lagi, ulas Bupati Safaruddin. Rasa syahdu yang sama dipastikan juga melanda warga Limapuluh Kota pada Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022.

 

Yang membedakan kali ini, salah seorang putra terbaik Lima Puluh Kota, Muhammad Faiz Assidiki bersama Fai’ha Attahillah siswa SMA 1 Solok Selatan mewakili Provinsi Sumatera Barat terpilih anggota  Paskibraka Nasional 2022. Aksi siswa SMA Negeri 1 Harau, akrab dipanggil  Faiz dan anggota Paskibraka lainnya melangkah tegap di depan Presiden dan Wakil Presiden dan pimpinan lembaga tinggi negara di panggung kehormatan Istana Negara bakalan ditunggu warga Limapuluh Kota.

 

Prestasi Faiz jelas membuat decak kagum semua orang terlebih setelah 25 tahun, baru pada tahun 2022, Faiz kembali mengharumkan nama Lima puluh Kota, untuk bergabung dengan Paskibraka Nasional.

 

“Faiz adalah role model, representasi pelajar yang disiplin dan energik di Limapuluh Kota,” ujar Bupati Safaruddin. Ya, tak salah lagi dengan prestasi mentereng  jadi Paskibraka Nasional, yang juga impian berjuta pelajar di Indonesia, membuat Faiz layak sebagai panutan pelajar seusianya. Jejak Faiz agar lolos ke tingkat Nasional cukuplah sebagai jawabannya. Catatan menunjukkan, ia menyisihkan tak kurang 100 pesaing dari 19 Kabupaten/ Kota di Sumbar. Semua tentu diawali oleh tekad Faiz. Ia putra bungsu dari pasangan Wizar Nasution dan Ernita,"ungkap kagum Bupati Safaruddin.

 

Bersama DPRD, Bupati Safaruddin simak pidato kenegaraan dari Presiden RI, Joko Widodo


Setelah pengukuhan Paskibaraka, rangkaian resmi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Bupati Safaruddin dan Ketua DPRD Deni Asra mengikuti sidang paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden RI, Joko Widodo, secara virtual di aula sidang DPRD Lima Puluh Kota di Bukit Limau Nagari Sarilamak Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Turut hadir pada kesempatan itu,  Kapolres Limapuluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan, Sekretaris Daerah Widya Putra,  Pimpinan DPRD dan anggota, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Limapuluh Kota. Malamnya, kegiatan dilanjutkan dengan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Kota Payakumbuh.

  

Geliat pembangunan di Lima Puluh Kota dibawah kepemimpinan Bupati Safaruddin bersama Wakil dan jajaran pemerintah daerah kabupaten Lima Puluh Kota.

Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin melalui komunikasi dan koordinasi, termasuk dengan lintas sektoral giat membangun Kabupaten Lima Puluh Kota, memprioritaskan dari pinggir. Seperti yang dilaksanakan diawal masa jabatannya, bersama TNI telah melaksanakan pembukaan jalan penghubung antara kecamatan Mungka dengan Nagari Maek, kecamatan Gunuang Omeh melalui program TMMD.

 

Selain itu, Bupati Safaruddin giat melakukan penataan pengelolaan keuangan daerah, kepegawaian dan pelayanan administrasi pelayanan publik, sehingga mampu membawa Lima Puluh Kota meraih prediket wajar tanpa pengecualian

 

Bupati giat Safaruddin juga giat berkoordinasi berjenjang, mulai dari sesama Kepala daerah tingkat II, daerah tetangga terdekat. Terbukti dengan pembukaan badan jalan penghubung antara Galugua dan Pasaman. Selanjutnya berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Barat. Terbukti dengan ditinjau langsungnya kondisi infrastruktur jalan yang parah oleh Gubernur Mahyeldi dan wakilnya Audy.

 

Kondisi jalan yang parah di bagian pinggir kabupaten Lima Puluh Kota, yakni di Galugua menjadi program prioritas pemprov tahun 2023-2024. Tak cukup sampai disana, Bupati Safaruddin juga merangkul sejumlah anggota DPR RI untuk membantu untuk memperjuangkan parahnya kondisi jalan dan jembatan penghubung di sejumlah daerah pinggiran Lima Puluh Kota.

 

Bupati Safaruddin juga giat berupaya peningkatan digitalisasi di Lima Puluh Kota. Beraudiensi dengan Kemenkominfo RI untuk peningkatan SDM pengelola aplikasi (operator), menuju smart city dan menekan masih adanya prediket blank spot di Lima Puluh Kota. Dengan berkurangnya daerah gagal sinyal telekomunikasi, Bupati Safaruddin yakin warga semakin melek digitalisasi untuk kemajuan pendidikan, ekonomi dan promosi wisata, budaya, dan sebagainya.

 

Dibidang Pertanian, Bupati Safaruddin bukan saja berkoordinasi dengan Gubernur Sumbar, namun dalam hal Pertanian dan Perikanan, Bupati Safaruddin bersama Kepala OPD terkait tak segan-segan beraudiensi dengan kementerian terkait di Jakarta.

 

Upaya itu ditanggapi positif kementerian. Terbukti, dengan kunjungan sejumlah menteri dan Asdep Menteri di Kabupaten Lima Puluh Kota. Berawal hanya melakukan monitoring, akhirnya menurunkan rekomendasi, bahwa sesuai kontur wilayah, kabupaten Lima Puluh Kota layak dibangun dan diperhatikan bidang Pertanian dan Perikanannya.

 

Bupati Safaruddin dampingi Wamentan RI berdialog dengan petani jeruk di Gunuang Omeh


Terlihat saat kunjungan Wakil Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi ke Lima Puluh Kota dengan agenda tanam perdana jagung serta vaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) sapi di Kecamatan Guguak dan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) jeruk di Kecamatan Gunuang Omeh.

 

Dengan lugas, Wamentan Harvick mengatakan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia siap mendukung penuh program unggulan (progul) di sektor pertanian di Kabupaten Limapuluh Kota, untuk mendukung kedaulatan pangan, berdampak kepada food security, jaminan ketahanan pangan suatu negara, karena kecenderungan sekarang banyak negara menahan ekspor produksi pangannya.

 

Keseriusan Pemkab Lima Puluh Kota dalam bidang Perikanan juga bisa terlihat saat penebar 38ribu benih ikan beserta pakan ikan untuk tiga  kelompok pembudidaya ikan (pokdakan) di Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban. Disamping untuk kesejahteraan masyarakat khususnya melalui kelompok tani budidaya ikan, kondisi ini tentunya ikut menyehatkan masyarakat, sehingga bisa mencegah timbulnya stunting.

 

Disamping itu, Bupati Safaruddin turut menyampaikan pemberdayaan masyarakat di bidang perikanan akan mencukupi gizi masyarakat sebagai upaya penurunan Stunting di Limapuluh Kota serta dapat meningkatkan penghasilan demi menaikkan taraf hidup masyarakat. Serta bisa menekan ketergantungan akan bibit ikan dari provinsi tetangga.

 

Disisi lain untuk kemajuan SDM pelaku IKM, Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin ikut merangkul tokoh intelektual dari sejumlah institut dan kampus ternama di Indonesia.

 

Loncing mulok tahfiz dan BAM di Kabupaten Lima Puluh Kota


Terbaru, di Bidang Pendidikan. Untuk mewujudkan visi Lima Puluh Kota madani melalui pengembangan misi, khususnya bidang pendidikan, pendidikan tahfiz dan menjaga budaya Minangkabau. Bupati Safaruddin bersama Kepala OPD terkait audiensi dengan Kemendikbud RI di Jakarta. Bupati menyusulkan agar Pendidikan tahfiz dan Budaya Alam Minangkabau jadi muatan lokal di jajaran dunia Pendidikan di Lima Puluh Kota.

 

Usulan Pemkab Lima Puluh Kota ini direspon positif Kemendikbud melalui kunjungan kerja Kepala BSKAP diwakili Kepala Pusat Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Zulfikri Anas di Lima Puluh Kota, beberapa hari lalu. Kesempatan itu, Kapus Kurikulum dan Pembelajaran Zulfikri Anas tampil sebagai pembicara kunci pada acara “Penguatan Mulok Budaya Alam Minangkabau dan Tahfidz Qur’an pada Project Profil Pelajar Pancasila.

 

Bupati Safaruddin mengapresiasi kehadiran Kapus Kurikulum dan Pembelajaran Zulfikri Anas serta menyaksikan peluncuran pemberlakuan kurikulum mulok sesuai visi dan misi daerah di Limapuluh Kota.

 

“Melestarikan kebudayaan merupakan salah satu upaya dalam membentuk manusia bermoral, berbudi, arif, dan bijaksana, ini  sesuai dengan capaian yang hendak kita raih pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Negara (RPJPN) 2005-2025 di Bidang Kebudayaan,”ungkap Bupati Safaruddin.

 

Bupati Safaruddin juga mengatakan persoalan nilai adat dan budaya Minangkabau telah banyak bergeser di kalangan anak muda semenjak zaman teknologi saat ini. Untuk menyelaraskan dengan perkembangan teknologi serta memberikan pengetahuan tentang budaya dan kearifan lokal, kata Bupati Safaruddin, perlu diadopsi kurikulum budaya serta keagamaan, sesuai falsafah budaya Minangkabau.

 

“Untuk itu, Pemkab telah mengembangkan Mulok BAM dan Program Tahfiz Qur'an akan menjadi faktor pendorong terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota serius terhadap keberlangsungan budaya alam Minangkabau yang dikombinasikan dengan program tahfidz ini akan membantu mensukseskan visi Lima Puluh Kota dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang tidak hanya Madani tetapi juga beradat dan berbudaya,"ungkap Safaruddin.

 

Keseriusan tersebut dibuktikan dengan SK Bupati Nomor 423/219/BUP-LK/VIII/2022, ada 347 sekolah yang ditunjuk, untuk penerapan kurikulum muatan lokal tersebut. Progres lain ikut tampak dengan telah mulainya tumbuh satu rumah tahfiz di setiap kecamatan di kabupaten Lima Puluh Kota. (ul)

#PariwaraLimaPuluhKota