Waspada! Kasus DBD di Kota Padang Naik, Pasien Didominasi Orang Dewasa -->

Adsense Atas-STIE AKBP-10 MEI 2022

Waspada! Kasus DBD di Kota Padang Naik, Pasien Didominasi Orang Dewasa

Selasa, 16 Agustus 2022

Ilustrasi pasien DBD.



Padang - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mulai naik. Masyarakat di wilayah itu diminta untuk lebih waspada. 


"Sampai Agustus 2022 kasus demam berdarah di Kota Padang, melonjak tinggi hingga 441 kasus, jika dibandingkan dengan tahun 2021 jumlah kasus DBD 366," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Sri Kurnia Yati, Selasa (16/8/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


Dia menambahkan, berdasarkan kelompok usia, penderita penyakit tersebut didominasi rentang usia dewasa 15 hingga 44 tahun. Untuk sebaran kasus tertinggi DBD itu kata, Sri, ada tiga kecamatan, Koto Tangah, Kuranji dan Nanggalo.


"Kami minta warga lebih waspada potensi penularan dan optimalkan 3M serta menerapkan gaya hidup sehat," katanya. Untuk gejala demam berdarah yang sering terjadi demam tinggi, nyeri kepala, nyeri pada sendi otot dan tulang, nyeri di bagian belakang mata, nafsu makan menurun, mual, muntah serta ruam kemerahan bahkan pendarahan.


Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Gentina, meminta warga melakukan PSN dengan 3M plus. Seperti, menguras tempat yang sering menjadi penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air.(*)