BPDB Sebut 1.022 Rumah Warga di Aceh Timur Masih Terendam Banjir -->

BPDB Sebut 1.022 Rumah Warga di Aceh Timur Masih Terendam Banjir

Selasa, 11 Oktober 2022

 

Banjir di Aceh Timur mengakibatkan 1.022 rumah warga terendam banjir.



BANDA ACEH  - Sebanyak 1.022 rumah warga yang dihuni 3.651 keluarga masih terendam banjir di Aceh Timur, Aceh. Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur Ashadi.


Ia menyebut, banjir yang merendam pemukiman penduduk ini terjadi akibat hujan lebat dan meluapnya sungai di Kabupaten Aceh Timur sejak Jumat (7/10/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


"Seribuan rumah yang masih terendam banjir tersebut tersebar di 24 desa atau gampong di lima kecamatan di Kabupaten Aceh Timur," katanya, Senin.


Ia menjelaskan, lima kecamatan yang masih dilanda banjir tersebut yakni Kecamatan Pante Bidari, Kecamatan Banda Alam, Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Julok, dan Kecamatan Idi Tunong.


"Untuk pengungsi saat ini juga hanya tersisa 320 warga dari 80 keluarga di Kecamatan Simpang Ulim. Mereka masih mengungsi karena rumah mereka terendam," ujarnya.


Dalam penanganan banjir, pihaknya mengaku terus berkoordinasi dengan instansi TNI/Polri, termasuk Dinas Sosial dalam penyaluran bantuan masa panik ke beberapa titik.


"Kami juga telah memberi dukungan kepada Dinas Sosial Kabupaten Aceh Timur dalam menyalurkan logistik ke pengungsi di Kecamatan Simpang Ulim," ungkapnya.


Meskipun sebagian wilayah banjir berangsur surut, kata Ashadi, pihaknya mengimbau masyarakat mewaspadai terjadinya banjir susulan. Potensi banjir susulan bisa terjadi karena hujan diprakirakan masih mengguyur di daerah pegunungan.


"Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ada potensi hujan di hulu atau kawasan pegunungan. Bahkan, juga diprediksi adanya banjir kiriman dari Kabupaten Bener Meriah," pungkasnya. (*)