Drone Bunuh Diri Rusia Hantam Tangki Minyak Ukraina -->

Drone Bunuh Diri Rusia Hantam Tangki Minyak Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022

Pesawat tak berawak kamikaze Rusia menghantam tangki minyak bunga matahari di salah satu terminal di Kota pelabuhan Ukraina, Mykolaiv


KIEV  - Pesawat tak berawak kamikaze Rusia menghantam tangki minyak bunga matahari di salah satu terminal di Kota pelabuhan Ukraina, Mykolaiv. Serangan dilancarkan pada Minggu (16/10/2022) malam.  "Di Mykolaiv, tiga drone menabrak objek infrastruktur industri, di mana tangki minyak bunga matahari terbakar," kata Wali Kota Mykolaiv, Oleksandr Senkevich, Senin (17/10/2022).


Minyak bunga matahari dihasilkan dari biji bunga matahari yang dikompres. Minyak ini biasa digunakan dalam masakan sebagai minyak goreng dan bahan baku kosmetik. Layanan darurat regional merilis foto-foto tangki besar yang terbakar dan asap membubung di atasnya di tengah pekat malam,sebagaimana dikutip iNews.id.


Mykolaiv merupakan salah satu pelabuhan terbesar Ukraina. Pelabuhan ini berhenti beroperasi pada awal invasi Rusia.


Namun selanjutnya, Ukraina mendorong agar Mykolaiv membuka pelabuhan untuk memperluas pengiriman makanan di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh PBB dan Turki. 


Mykolaiv terletak di dekat wilayah Kherson yang diduduki Rusia. Wilayah ini terus-menerus diserang dalam beberapa bulan terakhir. Terminal pelabuhan di kota ini telah terkena setidaknya dua kali - pada bulan Juni dan Agustus. 


Serangan Minggu malam itu terjadi beberapa jam sebelum ledakan di ibu kota Kiev dari drone yang diduga buatan Iran. Rusia makin sering menggunakan drone untuk menyerang jauh ke wilayah Ukraina. Sementara Kiev sedang berupaya melancarkan serangan balasan dan mencoba mendorong pasukan Rusia keluar dari Kota Kherson menuju tenggara.(*)