Kembangkan Terus Desa Wisata Budaya dan Religi Sigando -->

Iklan Atas

Kembangkan Terus Desa Wisata Budaya dan Religi Sigando

Selasa, 11 Oktober 2022
Desa Wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Walikota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan selamat atas prestasi Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur  meraih juara I Apresiasi Desa Wisata 2022 pada Anugerah Pariwisata Sumatra Barat 2022 beberapa waktu lalu. 


Wako Fadly minta seluruh unsur yang terlibat, di antaranya kelompok sadar wisata (Pokdarwis)  tidak berpuas diri namun terus mengembangkan potensi. 


Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan Pokdarwis Kampung Budaya dan Religi Sigando yang diketuai Fajrul Hudaya di rumah dinas walikota, Selasa (11/10). 


"Eksplore lagi daya tarik Kampung Budaya dan Religi Sigando. Spot, homestay, paket wisatanya," pesan Fadly.


Di sekitar Masjid Asasi Sigando, sebut Fadly, mesti ada kios untuk menjajakan souvenir. Pokdarwis bisa mengembangkan story telling tentang penyebaran agama Islam pertama dengan bukti adanya makam seorang ulama  bernama Syech Sultan Ishak, beserta rumah kediamannya. Berikutnya keberadaan Thawalib Gunung.


Pemko, kata Fadly, akan mengupayakan Masjid Asasi Sigando bisa masuk dalam 10 destinasi wisata religi di Sumbar yang sebelumnya didapat Kota Padang Panjang dengan keberadaan Masjid Islamic Center. 


Fadly mendorong program yang matang guna mengembangkan  wisata  budaya religi di Kelurahan Sigando oleh pokdarwis. "Konkretkan secepatnya, sebelum pembahasan APBD. Tugas pemerintah memfasilitasi dan men-suport anggaran," ujarnya seraya berharap Sigando bisa menjadi the next Kubu Gadang. (syam)