Rahmat Hidayat Dinobatkan Camat Terbaik II di Sumbar Tahun 2022 -->

Rahmat Hidayat Dinobatkan Camat Terbaik II di Sumbar Tahun 2022

Minggu, 02 Oktober 2022
Rahmat Hidayat


Limapuluh Kota, fajarsumbar.com -- Momentum peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke-77 menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Rahmat Hidayat, Camat Situjuah Limo Nagari (Simona). Sosok Camat yang telah memimpin Simona selama empat tahun ini menggondol Terbaik  ke II pada Lomba Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Kepastian raihan Camat terbaik II tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor; 120-710-2022 dan diumumkan secara langsung pada malam resepsi peringatan Hari Jadi Sumatera Barat ke 77 di Auditorium Gubernuran, Sabtu (01/10/2022). Atas prestasi yang diraihnya, Rahmat Hidayat juga diganjar piagam penghargaan dan mendapatkan hadiah sebesar Rp.20.000.000. 


Kendati Camat Simona didapuk sebagai runner up, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo yang hadir langsung menghantar Rahmat Hidayat menjemput penghargaan tetap menyambut kabar gembira ini dengan bangga dan penuh rasa syukur.


Gelaran penilaian Camat terbaik di Sumatera Barat tahun 2022 dimulai dari tingkat Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Setelah itu, dalam penilaian tingkat provinsi juga melalui tahap pemaparan hingga verifikasi langsung ke Kecamatan. Posisi  ke-II diraih Rahmat Hidayat dengan nilai 723,26 dibawah Nina Darmayanti Camat Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman sebagai Juara I Lomba Camat berprestasi 2022 dengan nilai 733,20. Kemudian di posisi tiga Herru Rachman Camat Salimpauang Kabupaten Tanah Datar dengan nilai 722,59.


Bupati Safaruddin mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Rahmat Hidayat bersama Pemerintah Kecamatan Simona. "Alhamdullilah, tetap bersyukur dengan prestasi sebagai Camat Terbaik ke-II se Sumatera Barat, diharapkan menjadi motivasi dalam mendukung penuh program Pemerintah Limapuluh Kota serta bahu membahu dengan warga untuk menjadikan Simona lebih maju ke depannya," ujar Bupati Safaruddin. 


Kemudian ia menjelaskan, sejumlah inovasi yang dilahirkan Pemerintah Kecamatan Simona diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat Simona dan dapat diimplementasikan kecamatan lain di Lima Puluh Kota.


Pada bagian lain penyampaiannya, Bupati Safaruddin menuturkan, penilaian ini jadi salah satu motivasi dan dorongan untuk pembanguanan dan masyarakat, peningkatan motivasi, swadaya gotong royong serta sebagai upaya pembinaan bagi aparatur pemerintahan kecamatan yang akan bermuara pada perkembangan pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota. Disamping itu, Bupati Safaruddin berharap 12 Camat lain di Limapuluh Kota hendaknya bisa menelurkan inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah masing-masing melalui penyusunan,  perencanaan, serta pembangunan yang selaras dengan visi dan misi daerah. 


"Penghargaan ini atas dorongan dan bimbingan yang diberikan Bupati Safaruddin, dan jajarannya, serta dukungan masyarakat Simona. Saya ucapkan terima kasih kepada warga yang telah mendukung penuh atas prestasi diperoleh selama ini," ungkap Rahmat Hidayat. 


Selanjutnya, Rahmat Hidayat dalam wawancara langsung dengan Tim Humas Kominfo selepas acara penghargaan mengatakan, prestasi ini tentu saja dihasilkan berkat kerja sama dan dukungan yang diberikan masyarakat, wali Nagari, Forkopimca, OPD, dan tentunya didukung penuh Bupati Safaruddin bersama Ketua TP PKK Nevi Safaruddin. 


Kemudian dikatakan Rahmat Hidayat, setiap inovasi yang dilahirkannya bersama rekan-rekan di Kecamatan diantaranya pembangunan Klinik Keuangan Nagari, mempemudah alur layanan kependudukan masyarakat, Gelisa (Gerakan Lihat Sampah Ambil) dan pembinaan dan pengawasan di Nagari terhadap evaluasi APB Nagari diharapkan mampu mendukung program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, baik itu dalam reformasi birokrasi maupun gerakan Mahkota Berlian yang digelorakan oleh TP PKK Nevi Safaruddin. 


Pada malam resepsi HUT Sumatera Barat Ke-77 tersebut, turut diberikan Gubernur Mahyeldi sejumlah penghargaan kepada Perempuan berjasa dan berprestasi di kabupaten/kota di Sumbar salah satunya kepada Alfida, sosok perempuan berjasa dari Limapuluh Kota yang meraih penghargaan di bidang Sosial dan Budaya. 


Sementara itu, M.Faiz Assidiki, siswa SMAN 1 Harau turut diberikan piagam penghargaan atas prestasinya menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di Istana Negara 17 Agustus 2022 lalu. (ul)