Warga Desa Kampung Apar Resah, Buaya Berukuran Besar Sering Menampakan Diri -->

Warga Desa Kampung Apar Resah, Buaya Berukuran Besar Sering Menampakan Diri

Jumat, 07 Oktober 2022



Seekor Buaya berukuran besar muncul di Permukaan Sungai Mangau, Kampung Apar, Pariaman Selatan. Foto Netizen




Kota Pariaman-
Seorang warga Desa Kampung Apar, Kecamatan Pariaman Selatan dikejutkan dengan munculnya buaya di sungai batang mangau. 


Warga yang melihat, Halim (17 tahun) mengatakan pertama kali melihat buaya berjemur di seberang sungai saat hendak mencuci kaki di sungai batang Mangau, dusun Baruah Desa Kampung Apar. Selasa, 4/10/2022. 

Tiba-tiba dia melihat ada dua ekor buaya, satu berukuran sedang dan satu lagi berukuran besar kira-kira sepanjang 4 meter. Uja, Halim

Melihat keberadaan buaya tersebut dia berinisiatif merekam kejadian penampakan buaya di sungai atang Mangau, Desa Apar. 

Saat hendak merekam buaya yang berukuran besar berada dalam air dan yang berukuran sedang berjemur persis berada pada sisi bawah tebing arah kedaratan. 


Setelah merekam kejadian itu, halim membagikan vidio tersebut ke warga Desa Kampung Apar, Kecamatan Pariman Selatan. 



Sementara itu, ketua karang taruna Kecamatan Pariaman Selatan, Jupriman adanya laporan dari masyarakat,  yang juga warga setempat menghimbau agar masyarakat yang biasa beraktifitas di sungai untuk berhati-hati. 

Katanya lagi, karena aktivitas  masyarakat disepanjang sungai batang mangau yg berada di desa kampung apar cukup banyak. Diantaranya aktivitas galian C serta para pemancing dan juga ada keramba ikan.

Sebagai ketua karang taruna, Jupriman merasa resah atas laporan masyarakat yang telah melihat beberapa kali kemunculan buaya di sungai batang Mangau, Desa Apar, Pariaman Selatan. 


Kembali mengatakan, penampakan buaya oleh warga tidak hanya di desa kampung apar saja, tapi  pernah dilihat warga di desa pasir sunur dan juga desa Marunggi, Pariaman Selatan. 

Jupriman berharap pihak terkait dapat melakukan pemantauan keberadaan buaya, karna jika dilihat dari kemunculan buaya di beberapa sungai yang cukup meresahkan warganya. (Heri

.