Preservasi Jalan Nasional di Talawi Payakumbuh Dimulai, Mantan Wali Kota Payakumbuh Turut Bahagia -->

Preservasi Jalan Nasional di Talawi Payakumbuh Dimulai, Mantan Wali Kota Payakumbuh Turut Bahagia

Selasa, 08 November 2022
Dalam pengerjaan rijit beton, diterapkan pola arus buka tutup yang dibantu masyarakat 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Setelah sempat tertunda beberapa bulan, akhirnya Preservasi Jalan Nasional sepanjang 475 meter di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS), Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, tampak mulai digarap PJN Wilayah II Kemen PUPR Provinsi Sumatera Barat dengan menggandeng PT Statika Mitra Sarana (SMS). 


Dengan telah dimulainya preservasi ini, menyebabkan arus dari Payakumbuh ke Pekanbaru dan sebaliknya, sedikit terganggu. Pola buka tutup diterapkan. Selain itu, PJN Wilayah II Kemen PUPR Sumbar giat melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait. Terlihat diperempatan jalan Tanjung Enau dan Simpang Parit terpasang rambu pengalihan arus ke arah Simpang Kaniang Bukik dan Napar.


Saat ditemui di lokasi pengerjaan, Selasa(08/11/2022) siang, Kepala Kanwil Kemen PUPR Sumbar melalui Koordinator Lapangan, Elmadi diwakili Pengawas Lapangan, Afriedi membenarkan bahwa keterlambatan pengerjaan jalan disebabkan kontrak dengan rekanan sebelumnya CV TPC, tidak menemui kesepakatan kontrak. Terutama saat terjadi kenaikan harga sejumlah bahan.


Sebelumnya https://www.fajarsumbar.com/2022/02/jalan-nasional-di-talawi-kelurahan-ots_5.html


"Ya, sempat terlambat pengerjaan dari jadwal yang kami infokan dulu, karena sesuatu dan lain hal dengan rekanan sebelumnya. Kini sudah kita mulai dengan rekanan baru yakni PT SMS dengan kontrak yang baru pula. Pelaksana PUPR melibatkan tim konsultan pengawas Pola Agung KSO Anugerah Krida Padana Bina Karya sesuai dana yang sudah dianggarankan,"terang Afriedi.


Diterangkan Afriedi, sebenarnya perencanaan pengerjaan jalan ini sebelum covid-19. Karena pandemi covid-19, pengerjaan ditunda sementara. Hingga mulai digarap diakhir Oktober ini. Diharapkan sebelum tanggal 15 Desember ini, tuntas. Kemungkinan Adendum sangat kecil.


"Untuk sukses pengerjaan rijit beton sepanjang 475 meter, dengan lebar 7 meter dan ketebalan antara 55 - 60 Cm dan akan ditambah bahu jalan 1 m adalah berkat koordinasi efektif mulai dari tingkat bawah, yakni persetujuan warga, hingha tingkat pusat. Kita berharap koordinasi baik dan dukungan warga, khususnya warga Talawi sangat kita harapkan. Hingga preservasi ini tuntas dikerjakan. Mohon dukungan semua, terutama warga setempat. Untuk kepentingan umum ini, kami harap kita semua bersabar. Termasuk para pengguna jalan. Kita upayakan preservasi ini sesuai kontrak, spek dan SOPnya. Insya Allah, jelang 15 Desember kalau tidak ada halangan dan cuaca mendukung, tidak ada adendum,"tukas Afriedi.


Lurah Ompang Tanah Sirah (OTS), Majri yang sempat menyaksikan pengerjaan ini berharap dengan pembangunan rijit beton di sepanjang KH Ahmad Dahlan, menjadi lancar.


"Terima kasih kepada warga kita, yang telah membantu lancarnya pekerjaan jalan tersebut. Semoga semuanya berjalan sesuai harapan kita bersama,"singkat Majri, diamini Ketua RT IV RW III, Iwan.


Terpisah, Kepala Dinas PUPR, Muslim diwakili Sekretarisnya Rajman kepada media menjelaskan Pekerjaan Preservasi Jalan Nasional, Paket BTS Payakumbuh - Riau, dikelola Satker PJN Wilayah 2 Sumbar dibiayai dengan dana APBN


"Jalan Lingkar Utara merupakan jalan Nasional yang melintasi Kota Payakumbuh, menghubungkan provinsi Sumbar dengan Riau. Preservasi jalan ini merupakan harapan masyarakat karena akibat intensitas dan tonase jalan yang tinggi menyebabkan jalan lingkar Utara ini rusak parah dan membahayakan masyarakat pengguna jalan,"jelas Rajman.


"Anggaran preservasi ini merupakan usulan langsung Pemerintahan Kota Payakumbuh ke Pemerintah Pusat, pengerjaannya dilaksanakan oleh Rekanan Penyedia PT. Statika Mitra Sarana dengan Kontrak Rp. 69 M, dengan Kontrak Multiyear 23 bulan (Februari 22 s.d Des 2023),"terang Rajman.


"Dinas PUPR akan terus menfasilitasi pelaksanaan pekerjaan, dan kepada masyarakat diharapkan kerjasamanya agar pekerjaan dapat berjalan lancar. Demikian, terima kasih,"pungkas Rajman.


Mendapatkan informasi bahwa pengerjaan preservasi jalan nasional di lingkungan Talawi, Mantan Wali Kota Payakumbuh 2 periode, H. Riza Falepi, ikut bahagia. 


Tercatat, Riza Falepi perjuangkan langsung perbaikan jalan nasional ini ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kemen PUPR, saat dirinya masih menjabat.


"Semoga bermanfaat dan semoga tidak ada lagi pengendara roda dua yang terjatuh di sana. Tanah di sana bekas rawa, wajar kalau tidak dibeton, cepat rusak. Karena pondasinya tidak kuat, sementara mobil besar lewat saban hari, dengan berbagai tonase. Jadi solusinya, lebih baik dibenton. Semoga bermanfaat bagi kita semua,"pungkas Riza Falepi.(ul)